PENERAPAN METODE STORY TELLING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA PESERTA DIDIK KELAS B3 TK ISLAMIYAH PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Show simple item record

dc.contributor.advisor Mujahidah, Nelly
dc.contributor.advisor Fathurrosi, Fathurrosi
dc.contributor.author Liyana, Liyana
dc.date.accessioned 2023-09-26T01:19:22Z
dc.date.available 2023-09-26T01:19:22Z
dc.date.issued 2023-05
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3773
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan keterampilan berbicara peserta didik sebelum menggunakan metode Story Telling di TK Islamiyah tahun pelajaran 2023/2024 (2) Untuk mendeskripsikan proses penerapan metode Story Telling dalam meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik di TK Islamiyah tahun pelajaran 2023/2024. (3) Untuk mendeskripsikan keterampilan berbicara peserta didik setelah penerapan menggunakan metode Story Telling di TK Islamiyah tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini adalah 2 orang guru yang merupakan guru kelas dan guru pendamping kelas B3 dan objeknya adalah 9 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini: )1) Penerapan metode Story Telling dalam meningkatkan keterampilan berbicara pada aspek bicara di kelompok B3 anak usia 5-6 tahun, guru menerapkan rangcangan bercerita dengan menggunakan (RPPH) Permen atau Peraturan Pemerintahan No 58 yang telah di buat untuk membangun kemampuan inisiatif anak dalam kegiatan belajar yang divariasikan dengan media visual. )2) Penerapan metode story telling dalam meningkatkan keterampilan berbicara anak dan sesuai dengan STPPA (standar tingkat pencapaian perkembangan anak) pada aspek menyimak atas tindakan di kelompok B3 guru dalam menerapkan bercerita menggunakan tanya jawab kepada anak tentang isi cerita yang telah disampaikan serta menggunakan media di gambar buku cerita agar anak dapat lebih paham tentang apa yang guru sampaikan. )3) Penerapan metode story telling dalam meningkatkan keterampilan berbicara kelompok B3 guru mengajak anak untuk terlibat aktif dalam kegiatan bercerita dengan anak mengajukan beberapa pertanyaan sederhana dalam kegiatan bercerita menggunakan media gambar cerita dan bernyayi melalui Audio Visual dan Non Visual. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Anak Usia Dini en_US
dc.subject Keterampilan Berbicara en_US
dc.subject Metode Story Telling en_US
dc.title PENERAPAN METODE STORY TELLING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA PESERTA DIDIK KELAS B3 TK ISLAMIYAH PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2023/2024 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account