dc.contributor.advisor |
Sahrani, Sahrani |
|
dc.contributor.advisor |
Habaridota, Maha Lastasa Buju Basafpipana |
|
dc.contributor.author |
Aprizal, Muhammad Wendera |
|
dc.date.accessioned |
2023-09-25T04:48:50Z |
|
dc.date.available |
2023-09-25T04:48:50Z |
|
dc.date.issued |
2023-07 |
|
dc.identifier.uri |
https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3765 |
|
dc.description.abstract |
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya berpikir kreatif peserta didik
pada pembelajaran tematik. Penyebab kurangnya berpikir kreatif peserta didik
dikarenakan kurang dalam memperhatikan penjelasan yang diberikan oleh guru
pada saat proses pembelajaran berlangsung peserta didik dan guru masih
menggunakan metode pembelajaran konvensional pada pembelajaran tematik kelas
V MIN 2 Pontianak yang membuat peserta didik merasa bosan dan jenuh dalam
pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan
berpikir kreatif peserta didik dengan menggunakan strategi pembelajaran mind
mapping.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, Penelitian ini menggunakan
jenis penelitian eksperimen. Desain Penelitian yang digunakan yaitu pendekatan
quasi eksperimen design. Sumber data penelitian ini adalah populasi dan sampel.
Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas V Madrasah Ibtidaiyah
Negeri 2 Pontianak. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas V A berjumlah 43
peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas V C berjumlah 42 sebagai kelas
kontrol. Teknik dan alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini
untuk mengumpulkan data adalah teknik observasi, teknik pengukuran dan teknik
dokumentasi. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
lembar observasi, tes keterampilan (essay) dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil uji hipotesis atau uji-t pada skor post test kelas eskperimen
dan kelas kontrol yang telah dihitung menggunakan SPSS versi 16 bahwa
didapatkan nilai (sig) sebesar 0,000 < dari 0,05. Menunjukkan terdapat perbedaan
rata-rata antar sampel penelitian, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Maka
terdapat pengaruh dari strategi pembelajaran mind mapping pada pembelajaran
tematik tema 3 subtema 2 kelas V di madarasah ibtidaiyah negeri 2 Pontianak. |
en_US |
dc.language.iso |
id |
en_US |
dc.publisher |
IAIN Pontianak |
en_US |
dc.subject |
Strategi Pembelajaran Mind Mapping |
en_US |
dc.subject |
Keterampilan Berpikir Kreatif |
en_US |
dc.title |
PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA TEMA 3 SUBTEMA 2 DI KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 2 PONTIANAK |
en_US |
dc.type |
Skripsi |
en_US |