PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA TEMA 3 SUBTEMA 2 DI KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 2 PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sahrani, Sahrani
dc.contributor.advisor Habaridota, Maha Lastasa Buju Basafpipana
dc.contributor.author Aprizal, Muhammad Wendera
dc.date.accessioned 2023-09-25T04:48:50Z
dc.date.available 2023-09-25T04:48:50Z
dc.date.issued 2023-07
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3765
dc.description.abstract Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya berpikir kreatif peserta didik pada pembelajaran tematik. Penyebab kurangnya berpikir kreatif peserta didik dikarenakan kurang dalam memperhatikan penjelasan yang diberikan oleh guru pada saat proses pembelajaran berlangsung peserta didik dan guru masih menggunakan metode pembelajaran konvensional pada pembelajaran tematik kelas V MIN 2 Pontianak yang membuat peserta didik merasa bosan dan jenuh dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan berpikir kreatif peserta didik dengan menggunakan strategi pembelajaran mind mapping. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen. Desain Penelitian yang digunakan yaitu pendekatan quasi eksperimen design. Sumber data penelitian ini adalah populasi dan sampel. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Pontianak. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas V A berjumlah 43 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas V C berjumlah 42 sebagai kelas kontrol. Teknik dan alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini untuk mengumpulkan data adalah teknik observasi, teknik pengukuran dan teknik dokumentasi. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, tes keterampilan (essay) dan dokumentasi. Berdasarkan hasil uji hipotesis atau uji-t pada skor post test kelas eskperimen dan kelas kontrol yang telah dihitung menggunakan SPSS versi 16 bahwa didapatkan nilai (sig) sebesar 0,000 < dari 0,05. Menunjukkan terdapat perbedaan rata-rata antar sampel penelitian, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Maka terdapat pengaruh dari strategi pembelajaran mind mapping pada pembelajaran tematik tema 3 subtema 2 kelas V di madarasah ibtidaiyah negeri 2 Pontianak. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Strategi Pembelajaran Mind Mapping en_US
dc.subject Keterampilan Berpikir Kreatif en_US
dc.title PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA TEMA 3 SUBTEMA 2 DI KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 2 PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account