PENGARUH VIDEO ANIMASI BERBASIS POWTOON TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV TEMA 2 ENERGI ALTERNATIF SDN 05 PONTIANAK TIMUR TAHUN 2021/2022

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rahnang, Rahnang
dc.contributor.advisor Setyaningrum, Vidya
dc.contributor.author Yuliana, Yuliana
dc.date.accessioned 2023-09-25T03:19:07Z
dc.date.available 2023-09-25T03:19:07Z
dc.date.issued 2023-02
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3763
dc.description.abstract Penelitian ini dilatar belakangi karena kurangnya motivasi belajar peserta didik pada materi energi alternatif, sehingga perlu adanya perbaikan dalam meningkatkan motivasi belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Bagaimana motivasi belajar peserta didik sebelum menerapkan media video animasi pembelajaran berbasis powtoon yang digunakan pada kelas IV SDN 05 Pontianak Timur tahun 2021/2022; 2) Bagaimana motivasi belajar peserta didik setelah menerapkan media video animasi berbasis powtoon yang digunakan pada kelas IV SDN 05 Pontianak Timur tahun 2021/2022; 3) Bagaimana pengaruh video animasi berbasis powtoon terhadap motivasi belajar peserta didik kelas IV SDN 05 Pontianak Timur tahun 2021/2022. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan tipe eksperimen semu (Quasi Eksperimen Design). Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas IV A sebanyak 36 orang peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebanyak 34 orang peserta didik sebagai kelas kontrol. Desain penelitian ini melakukan dua kali test pada masing-masing kelas kelompok yaitu kelompok eksperimen yang akan menggunakan media video animasi berbasis powtoon dan kelompok kontrol yang tidak menggunakan media video animasi berbasis powtoon. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan maka dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Motivasi belajar peserta didik kelas IV dalam materi energi alternatif sebelum menggunakan media video animasi berbasis powtoon pada pre-test dan post-test mengalami peningkatan, hal ini dilihat dari skor nilai rata-rata pre-test yaitu 54,06 dan skor nilai rata-rata post test yaitu 58,85. Maka, peningkatan persentase di kelas kontrol sebesar 4,79 %. 2) Motivasi belajar peserta didik kelas IV dalam subtema energi alternatif setelah menggunakan media video animasi berbasis powtoon pada pre-test dan post-test mengalami peningkatan, hal ini dilihat dari skor nilai rata-rata pre-test yaitu 58,83 dan skor nilai rata-rata post test yaitu 65,31. Maka, peningkatan persentase di kelas eksperimen sebesar 6,48 %. 3) Besar pengaruh motivasi belajar termasuk dalam kategori sedang yakni dengan Persentase 73%. Hal ini menunjukkan bahwa video animasi berbasis powtoon memberi pengaruh terhadap motivasi belajar peserta didik kelas IV SD Negeri 05 Pontianak Timur tahun 2021/2022. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Powtoon en_US
dc.subject Motivasi Belajar en_US
dc.subject Energi Alternatif en_US
dc.title PENGARUH VIDEO ANIMASI BERBASIS POWTOON TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV TEMA 2 ENERGI ALTERNATIF SDN 05 PONTIANAK TIMUR TAHUN 2021/2022 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account