dc.description.abstract |
Penelitian ini dilatar belakangi karena kurangnya motivasi belajar peserta
didik pada materi energi alternatif, sehingga perlu adanya perbaikan dalam
meningkatkan motivasi belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1)
Bagaimana motivasi belajar peserta didik sebelum menerapkan media video animasi
pembelajaran berbasis powtoon yang digunakan pada kelas IV SDN 05 Pontianak
Timur tahun 2021/2022; 2) Bagaimana motivasi belajar peserta didik setelah
menerapkan media video animasi berbasis powtoon yang digunakan pada kelas IV
SDN 05 Pontianak Timur tahun 2021/2022; 3) Bagaimana pengaruh video animasi
berbasis powtoon terhadap motivasi belajar peserta didik kelas IV SDN 05 Pontianak
Timur tahun 2021/2022.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan tipe
eksperimen semu (Quasi Eksperimen Design). Sampel penelitian ini adalah peserta
didik kelas IV A sebanyak 36 orang peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas
IV B sebanyak 34 orang peserta didik sebagai kelas kontrol. Desain penelitian ini
melakukan dua kali test pada masing-masing kelas kelompok yaitu kelompok
eksperimen yang akan menggunakan media video animasi berbasis powtoon dan
kelompok kontrol yang tidak menggunakan media video animasi berbasis powtoon.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan maka dapat disimpulkan
sebagai berikut: 1) Motivasi belajar peserta didik kelas IV dalam materi energi
alternatif sebelum menggunakan media video animasi berbasis powtoon pada pre-test
dan post-test mengalami peningkatan, hal ini dilihat dari skor nilai rata-rata pre-test
yaitu 54,06 dan skor nilai rata-rata post test yaitu 58,85. Maka, peningkatan
persentase di kelas kontrol sebesar 4,79 %. 2) Motivasi belajar peserta didik kelas IV
dalam subtema energi alternatif setelah menggunakan media video animasi berbasis
powtoon pada pre-test dan post-test mengalami peningkatan, hal ini dilihat dari skor
nilai rata-rata pre-test yaitu 58,83 dan skor nilai rata-rata post test yaitu 65,31. Maka,
peningkatan persentase di kelas eksperimen sebesar 6,48 %. 3) Besar pengaruh
motivasi belajar termasuk dalam kategori sedang yakni dengan Persentase 73%. Hal
ini menunjukkan bahwa video animasi berbasis powtoon memberi pengaruh terhadap
motivasi belajar peserta didik kelas IV SD Negeri 05 Pontianak Timur tahun
2021/2022. |
en_US |