dc.description.abstract |
Penelitian ini dilatar belakangi adanya pandemi yang melanda dunia, praktis
ikut berdampak pada dunia pendidikan. Pembelajaran yang semula dilakukan
secara tatap muka terpaksa harus dihentikan kemudian dialihkan menjadi tatap
muka terbatas,tatap maya, bahkan hanya pemberian buku paket untuk
dipelajari dirumah. Pemberian e-book oleh guru menjadi permasalahan juga seperti
keterbatasan materi karena bahan ajar digital e-book merupakan bentuk digital dari
bahan ajar cetak sehingga materinya dan pengembangan nya sebatas materi yang
ada dibuku saja, Hal ini berdampak pada pemahaman peserta didik yang tidak
maksimal dalam proses pembelajaran, terlebih dalam pembelajaran tematik
dalam kurikulum 2013. Salah satu terobosan yang dapat dijadikan solusi adalah
menggabungkan beberapa solusi menjadi satu dalam sebuah aplikasi, seperti
Bahan Ajar Tematik Multimodal.
Penelitian ini menggunakan model Four-D yang terdiri dari 4 tahap yaitu
Define (Penetapan), Design (Perancangan), Develop
(Pengembangan), dan Disseminate ( Penyebarluasan ).
Hasil yang diperoleh yaitu: (1) Langkah-langkah dalam pembuatan dari
aplikasi bahan ajar multimodal tematik berbasis android melalui proses Design
(perancangan) yang terbagi menjadi dua tahap. Tahap pertama adalah perancangan
awal yang dimulai dari mencari serta mempersiapkan berbagai sumber yang akan
dicantumkan ke dalam bahan ajar multimodal. Setelah itu membuat bahan ajar
multimodal dengan memasukkan sumber-sumber yang sudah ada pada Flip PDF
Professional. Tahap kedua atau perancangan akhir adalah mempublish bahan ajar
yang telah dibuat untuk dijadikan sebuah aplikasi menggunakan Website 2 Apk
Builder Pro 4.2. (2)Kelayakan dari aplikasi bahan ajar multimodal tematik berbasis
android adalah sebagai berikut : a. Bedasarkan validator ahli produk diperoleh
persentase sebesar 93,75% b. Bedasarkan validator ahli media diperoleh persentase
sebesar 93.75% c. Bedasarkan validator ahli materi diperoleh persentase sebesar
100 % masuk dalam kategori “sangat layak”. (3) Kepraktisan dari aplikasi bahan
ajar multimodal tematik berbasis android bedasarkan uji kepraktisan terhadap guru
mendapatkan rata-rata skor dengan persentase penilaian sebesar 98.80% dengan
kriteria. (4) keefeektifan dari aplikasi bahan ajar multimodal tematik berbasis
android bedasarkan uji keefektifan terbukti meningkatkan hasil belajar peserta
didik, dengan diperoleh nilai t statistik (19,716) lebih besar dari pada nilai t-tabel (
2,052), maka hipotesis nol (H0) dapat ditolak dan hipotesis alternatif (H1) dapat
diterima. |
en_US |