PENGEMBANGAN APLIKASI BAHAN AJAR TEMATIK MULTIMODAL KELAS V TEMA 7 BERBASIS ANDROID DALAM MENUNJANG PERTEMUAN TATAP MUKA (PTM) TERBATAS DI SDN 09 PONTIANAK UTARA TAHUN AJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Kartini, Kartini
dc.contributor.advisor Mahrani, Mahrani
dc.contributor.author Muthmainnah, Wardatul
dc.date.accessioned 2023-09-25T02:45:50Z
dc.date.available 2023-09-25T02:45:50Z
dc.date.issued 2023-04
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3761
dc.description.abstract Penelitian ini dilatar belakangi adanya pandemi yang melanda dunia, praktis ikut berdampak pada dunia pendidikan. Pembelajaran yang semula dilakukan secara tatap muka terpaksa harus dihentikan kemudian dialihkan menjadi tatap muka terbatas,tatap maya, bahkan hanya pemberian buku paket untuk dipelajari dirumah. Pemberian e-book oleh guru menjadi permasalahan juga seperti keterbatasan materi karena bahan ajar digital e-book merupakan bentuk digital dari bahan ajar cetak sehingga materinya dan pengembangan nya sebatas materi yang ada dibuku saja, Hal ini berdampak pada pemahaman peserta didik yang tidak maksimal dalam proses pembelajaran, terlebih dalam pembelajaran tematik dalam kurikulum 2013. Salah satu terobosan yang dapat dijadikan solusi adalah menggabungkan beberapa solusi menjadi satu dalam sebuah aplikasi, seperti Bahan Ajar Tematik Multimodal. Penelitian ini menggunakan model Four-D yang terdiri dari 4 tahap yaitu Define (Penetapan), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate ( Penyebarluasan ). Hasil yang diperoleh yaitu: (1) Langkah-langkah dalam pembuatan dari aplikasi bahan ajar multimodal tematik berbasis android melalui proses Design (perancangan) yang terbagi menjadi dua tahap. Tahap pertama adalah perancangan awal yang dimulai dari mencari serta mempersiapkan berbagai sumber yang akan dicantumkan ke dalam bahan ajar multimodal. Setelah itu membuat bahan ajar multimodal dengan memasukkan sumber-sumber yang sudah ada pada Flip PDF Professional. Tahap kedua atau perancangan akhir adalah mempublish bahan ajar yang telah dibuat untuk dijadikan sebuah aplikasi menggunakan Website 2 Apk Builder Pro 4.2. (2)Kelayakan dari aplikasi bahan ajar multimodal tematik berbasis android adalah sebagai berikut : a. Bedasarkan validator ahli produk diperoleh persentase sebesar 93,75% b. Bedasarkan validator ahli media diperoleh persentase sebesar 93.75% c. Bedasarkan validator ahli materi diperoleh persentase sebesar 100 % masuk dalam kategori “sangat layak”. (3) Kepraktisan dari aplikasi bahan ajar multimodal tematik berbasis android bedasarkan uji kepraktisan terhadap guru mendapatkan rata-rata skor dengan persentase penilaian sebesar 98.80% dengan kriteria. (4) keefeektifan dari aplikasi bahan ajar multimodal tematik berbasis android bedasarkan uji keefektifan terbukti meningkatkan hasil belajar peserta didik, dengan diperoleh nilai t statistik (19,716) lebih besar dari pada nilai t-tabel ( 2,052), maka hipotesis nol (H0) dapat ditolak dan hipotesis alternatif (H1) dapat diterima. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Pengembangan en_US
dc.subject Bahan Ajar en_US
dc.subject Tematik en_US
dc.subject Mutimodal en_US
dc.subject Four-D en_US
dc.title PENGEMBANGAN APLIKASI BAHAN AJAR TEMATIK MULTIMODAL KELAS V TEMA 7 BERBASIS ANDROID DALAM MENUNJANG PERTEMUAN TATAP MUKA (PTM) TERBATAS DI SDN 09 PONTIANAK UTARA TAHUN AJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account