dc.description.abstract |
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis : Pertama, Keterampilan Peserta
Didik Dalam Membaca Pemahaman Cerita Sebelum Diterapkan Model Pembelajaran CIRC
Berbantuan Video Animasi Cerita Bergambar Kelas IV di SD Negeri 03 Pontianak Selatan
Tahun Ajaran 2022/2023. Kedua, Langkah-langkah Penerapan Model Pembelajaran CIRC
Berbantuan Video Animasi Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Keterampilan Peserta
Didik Dalam Membaca Pemahaman Cerita Kelas IV di SD Negeri 03 Pontianak Selatan Tahun
Ajaran 2022/2023. Ketiga, Keterampilan Peserta Didik Dalam Membaca Pemahaman Cerita
Sesudah Diterapkan Model Pembelajaran CIRC Berbantuan Video Animasi Cerita Bergambar
Kelas IV di SD Negeri 03 Pontianak Selatan Tahun Ajaran 2022/2023. Kempat, Terdapat
Peningkatan Keterampilan Peserta Didik Dalam Membaca Pemahaman Cerita Sebelum dan
Sesudah Diterapkan Model Pembelajaran CIRC Berbantuan Video Animasi Cerita Bergambar
Kelas IV SD Negeri 03 Pontianak Selatan Tahun Ajaran 2022/2023.
Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) yang merupakan bagian dari penelitian tindakan yang menggunakan
data kuantitatif. Analisis data kuantitatif diperoleh dari hasil tes berupa soal yang diberikan
kepada peserta didik dianalisis menggunakan rumus ketuntasan belajar klasikal dan persentase
ketuntasan.
Peningkatan dari penelitian ini dapat menyimpulkan bahwa: 1) Keterampilan
membaca pemahaman cerita peserta didik sebelum menerapkan model pembelajaran CIRC
berbantuan video animasi cerita bergambar memperoleh nilai rata-rata 66.88 dengan
ketuntasan klasikal hanya 15.63%. 2) Langkah-langkah Penerapan Model Pembelajaran
Cooperative Integrated Reading And Compotision (CIRC) Berbantuan Video Animasi Cerita
Bergambar terlaksana dengan baik. 3) Keterampilan peserta didik daam membaca pemahaman
cerita sesudah diterapkan model pembelajaran CIRC berbantuan video animasi cerita
bergambar pada materi Keindahan Alam kelas IV SD Negeri 03 Pontianak Selatan sangat baik
yaitu nilai rata-rata kelas 89.37 dengan ketuntasan klasikal 87.5%. 4) Peningkatan keterampilan
peserta didik dalam membaca pemahaman cerita sebelum dan sesudah diterapkan model
pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Compotision (CIRC) Berbantuan Video
Animasi Cerita Bergambar meningkat 71.87%. |
en_US |