PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOTISION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA DI SD NEGERI 03 PONTIANAK SELATAN

Show simple item record

dc.contributor.advisor Muhammad, Marsih
dc.contributor.advisor Kartini, Kartini
dc.contributor.author Wati, Vera
dc.date.accessioned 2023-09-25T02:25:02Z
dc.date.available 2023-09-25T02:25:02Z
dc.date.issued 2023-05
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3760
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis : Pertama, Keterampilan Peserta Didik Dalam Membaca Pemahaman Cerita Sebelum Diterapkan Model Pembelajaran CIRC Berbantuan Video Animasi Cerita Bergambar Kelas IV di SD Negeri 03 Pontianak Selatan Tahun Ajaran 2022/2023. Kedua, Langkah-langkah Penerapan Model Pembelajaran CIRC Berbantuan Video Animasi Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Keterampilan Peserta Didik Dalam Membaca Pemahaman Cerita Kelas IV di SD Negeri 03 Pontianak Selatan Tahun Ajaran 2022/2023. Ketiga, Keterampilan Peserta Didik Dalam Membaca Pemahaman Cerita Sesudah Diterapkan Model Pembelajaran CIRC Berbantuan Video Animasi Cerita Bergambar Kelas IV di SD Negeri 03 Pontianak Selatan Tahun Ajaran 2022/2023. Kempat, Terdapat Peningkatan Keterampilan Peserta Didik Dalam Membaca Pemahaman Cerita Sebelum dan Sesudah Diterapkan Model Pembelajaran CIRC Berbantuan Video Animasi Cerita Bergambar Kelas IV SD Negeri 03 Pontianak Selatan Tahun Ajaran 2022/2023. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang merupakan bagian dari penelitian tindakan yang menggunakan data kuantitatif. Analisis data kuantitatif diperoleh dari hasil tes berupa soal yang diberikan kepada peserta didik dianalisis menggunakan rumus ketuntasan belajar klasikal dan persentase ketuntasan. Peningkatan dari penelitian ini dapat menyimpulkan bahwa: 1) Keterampilan membaca pemahaman cerita peserta didik sebelum menerapkan model pembelajaran CIRC berbantuan video animasi cerita bergambar memperoleh nilai rata-rata 66.88 dengan ketuntasan klasikal hanya 15.63%. 2) Langkah-langkah Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Compotision (CIRC) Berbantuan Video Animasi Cerita Bergambar terlaksana dengan baik. 3) Keterampilan peserta didik daam membaca pemahaman cerita sesudah diterapkan model pembelajaran CIRC berbantuan video animasi cerita bergambar pada materi Keindahan Alam kelas IV SD Negeri 03 Pontianak Selatan sangat baik yaitu nilai rata-rata kelas 89.37 dengan ketuntasan klasikal 87.5%. 4) Peningkatan keterampilan peserta didik dalam membaca pemahaman cerita sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Compotision (CIRC) Berbantuan Video Animasi Cerita Bergambar meningkat 71.87%. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Keterampilan en_US
dc.subject Model CIRC en_US
dc.subject Media Video Animasi Cerita Bergambar en_US
dc.title PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOTISION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA DI SD NEGERI 03 PONTIANAK SELATAN en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account