PENERAPAN STRATEGI STRUKTURAL ANALITIK DAN SINTETIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PESERTA DIDIK DALAM MEMBACA PERMULAAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MIS RAUDLATUSSA’ADAH PONTIANAK UTARA

Show simple item record

dc.contributor.advisor Kartini, Kartini
dc.contributor.advisor Aditya, Farninda
dc.contributor.author Anggraeni, Syafira
dc.date.accessioned 2023-09-21T11:16:58Z
dc.date.available 2023-09-21T11:16:58Z
dc.date.issued 2023-05
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3755
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk; 1) Mendeskripsikan kemampuan peserta didik dalam membaca permulaan Mata Pelajaran Bahasa Indonesia sebelum diterapkan Strategi Struktural Analitik dan Sintetik. 2) Mendeskripsikan langkah-langkah penerapan Strategi Struktural Analitik dan Sintetik kemampuan peserta didik dalam membaca permulaan Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. 3) Mendeskripsikan kemampuan peserta didik dalam membaca permulaan Mata Pelajaran Bahasa Indonesia setelah diterapkan Strategi Struktural Analitik dan Sintetik. 4) Mendeskripsikan peningkatan kemampuan membaca permulaan peserta didik sebelum dan sesudah diterapkan Strategi Pembelajaran Struktural Analitik Dan Sinetik . Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek penelitian yaitu peserta didik kelas I MIS Raudlatussa‟adah Pontianak Utara berjumlah 27 peserta didik. Tahapan pada penelitian ini terdiri dari tahap perancanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik tes, teknik observasi, dan dokumentasi. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar tes, lembar observasi, dan dokumen. Analisis data menggunakan analisis deskriptif yang diolah dengan perhitungan rata-rata dan persentase. Berdasarkan analisis yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa; 1) Kemampuan membaca permulaan sebelum diterapkannya Strategi Struktural Analitik dan Sintetik terdapat 7(25,92%) sangat baik, 3(11,11%) baik, 11(40,74%) cukup, dan 6(22,22%) kurang. 2) Langkah-langkah ini terdiri dari 2 siklus. Siklus I terdapat kekurangan pada aspek ketepatan lafal diperbaiki pada siklus II dengan cara memberikan tambahan kartu kata yang lebih menarik. 3) Kemampuan membaca permulaan setelah diterapkan strategi Struktural Analitik dan Sintetik terdapat 14(51,85%) sangat baik, 12(44,44%) baik, 1(3,70%) cukup, dan 0 peserta didik kurang. 4) Peningkatan nilai rata-rata membaca permulaan pada siklus I sebesar 16,35, yang kondisi awal 41,67 meningkat menjadi 58,02 dan pada siklus II sebesar 39,81 yang kondisi awal 41,67 meningkat menjadi 81,48. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Strategi Struktural Analitik dan Sintetik en_US
dc.subject Kemampuan Membaca Permulaan en_US
dc.subject Bahasa Indonesia en_US
dc.title PENERAPAN STRATEGI STRUKTURAL ANALITIK DAN SINTETIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PESERTA DIDIK DALAM MEMBACA PERMULAAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MIS RAUDLATUSSA’ADAH PONTIANAK UTARA en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account