dc.description.abstract |
Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi oleh banyaknya nilai peserta
didik di bawah nilai Kriteria Ketuntasan Maksimal (KKM) pada materi bangun
datar kelas IV di SDN 62 Sungai Raya. Penelitian ini bertujuan untuk: 1)
Memamparkan penerapan metode Think Pair Share dengan bantuan media
Geoboard pada kelas IV SDN 62 Sungai Raya, 2) Memaparkan hasil belajar
materi bangun datar peserta didik kelas IV SDN 62 Sungai Raya setelah
diterapkan metode Think Pair Share dengan bantuan media Geoboard, 3)
Memaparkan peningkatan hasil belajar materi bangun datar pada peserta didik
kelas IV SDN 62 Sungai Raya setelah diterapkan metode Think Pair Share
dengan bantan media Geoboard
Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek
penelitian yaitu peserta didik kelas IV SDN 62 Sungai Raya berjumlah 32 peserta
didik. Tahapan pada penelitian ini terdiri dari tahap perencanaan, tahap
pelaksanaan, tahap observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data pada
penelitian ini adalah teknik tes, teknik observasi dan dokumen. Alat
pengumpulan data yang digunakan adalah lembar tes, lembar observasi dan
dokumen. Analisis data menggunakan analisis deskriptif yang diolah dengan
perhitungan rata-rata dan persentase.
Hasil penelitian dengan menggunakan metode Think Pair Share dengan
bantuan media Geoboard yaitu: 1) Penerapan Metode Think Pair Share dengan
bantuan media Geoboard pada kelas IV SDN 62 Sungai Raya sudah terlaksana
100% baik pada siklus I maupun siklus II. 2) Hasil belajar materi bangun datar
setelah menggunakan metode Think Pair Share pada kelas IV SDN 62 Sungai
Raya dengan bantuan media Geoboard pada siklus I mendapat rata-rata 65,9
dengan persentase ketuntasan 68,8%, sedangkan pada siklus II mendapat rata-rata
82,3 dengan persentase ketuntasan 90,7%. 3) Terdapat peningkatan hasil belajar
setelah diterapkan metode Think Pair Share dengan bantuan media Geoboard
yaitu pra siklus ke siklus I 40,6%, siklus I ke siklus II 21,9% dan peningkatan dari
pra siklus ke siklus II yaitu 62,5% |
en_US |