dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Desain pengembangan bahan
ajar IPS berbasis Kebudayaan Tradisi Houl pada masyarakat Kubu materi
keberagaman budaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV Sekolah
Dasar Negeri 32 Kubu Tahun Pelajaran 2021/2022, 2) Hasil belajar sebelum dan
sesudah menggunakan pengembangan bahan ajar IPS berbasis Kebudayaan Tradisi
Houl pada masyarakat Kubu materi keberagaman budaya di kelas IV Sekolah
Dasar Negeri 32 Kubu Tahun Pelajaran 2021/2022, 3) pengembangan bahan ajar
IPS berbasis Kebudayaan Tradisi Houl pada masyarakat Kubu materi keberagaman
budaya yang diberikan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV Sekolah
Dasar Negeri 32 Kubu Tahun Pelajaran 2021/2022.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan
pengembangan (Research and Develoment) yang digunakan untuk menghasilkan
produk dan menguji keefektifan produk tersebut. Prosedur pengembang yang
digunakan dalam pengembangan bahan ajar ini mengacu pada model
pengembangan prosedural yang bersifat deskriptif, yang dikembangkan oleh Borg
and Gell. Langkah-langkah pengembangan bahan ajar ini dibagi menjadi 6 tahap,
yaitu: penelitian dan pengumpulan informasi awal, perencanaan, pengembangan
format produk awal, uji coba awal (validasi produk) dan revisi, uji lapangan dan
revisi produk akhir. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket
(kusioner), observasi, tes pencapaian pemahaman atau pre-test dan post-test. Data
dianalisis tingkat kevalidan produk dan analisis data menggunakan uji-t.
Hasil dari penelitian pengembangan bahan ajar IPS berbasis Kebudayaan
Tradisi Houl pada masyarakat Kubu materi keberagaman budaya 1) Produk yang
dihasilkan berupa bahan ajar tematik IPS berbasis Kebudayaan Tradisi Houl pada
masyarakat Kubu materi keberagaman budaya yang memenuhi kriteria sangat valid
dengan validasi ahli materi mencapai 82%, hasil validasi ahli desain 84%, dan hasil
validasi ahli pembelajaran 88%. 2) Hasil belajar siswa meningkat setelah adanya
pengembangan bahan ajar dapat diketahui setelah peneliti menggunakan hasil pre test dan post test 3) Nilai rata-rata post-test siswa memperoleh 81,21. 4) Hasil uji-t
pada perhitungan manual dengan tingkat kemaknaan 0,05 diperoleh hasil t hitung>
t tabel yaitu 16,117> 1,711 artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Jadi terdapat
perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa sebelum dan setelah
menggunakan bahan ajar IPS berbasis Kebudayaan Tradisi Houl pada masyarakat
Kubu materi keberagaman budaya mampu secara efektif meningkatkan hasil
belajar siswa kelas IV SDN 32 Kubu. |
en_US |