dc.contributor.advisor |
Djarot, Djarot |
|
dc.contributor.advisor |
H, Maha Lastasa Buju Basafpipana |
|
dc.contributor.author |
Febriana, Sabela |
|
dc.date.accessioned |
2023-09-21T07:21:20Z |
|
dc.date.available |
2023-09-21T07:21:20Z |
|
dc.date.issued |
2023-04 |
|
dc.identifier.uri |
https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3750 |
|
dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Kemampuan membaca peserta
didik sebelum menggunakan media cerita bergambar pada pembelajaran tematik
tema hidup rukun kelas II Madrasah Ibtidaiyah Pontianak Timur. 2) Kemampuan
membaca peserta didik setelah menggunakan media cerita bergambar pada
pembelajaran tematik tema hidup rukun kelas II Madrasah Ibtidaiyah Pontianak
Timur. 3) Pengaruh kemampuan membaca peserta didik menggunakan media cerita
bergambar pada pembelajaran tematik tema hidup rukun kelas II Madrasah
Ibtidaiyah Pontianak Timur.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (quasi experiment).
Sumber data pada penelitian ini adalah populasi dan sampel yang di ambil dari
peserta didik kelas II di Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Pontianak Timur. Teknik
pengumpulan pada penelitian ini menggunakan observasi dan angket atau
kuesioner. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji validitas data,
uji reabilitas, uji persyaratan analisis, dan N-gain.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Kemampuan membaca peserta
didik pada kelas eksperimen dan kelas kontrol sebelum menggunakan media cerita
bergambar tidak terdapat perbedaan. 2) Kemampuan membaca peserta didik setelah
menggunakan media cerita bergambar perdapat perbedaan yang dapat dilihat dari
hasil pre-test dan post-test. 3) Berdasarkan hasil post test pada kelas eksperimen
dan kelas kontrol dengan dan tanpa menggunakan media cerita bergambar terdapat
perbedaan yang tampak jelas terhadap kemampuan membaca peserta didik. |
en_US |
dc.language.iso |
id |
en_US |
dc.publisher |
IAIN PONTIANAK |
en_US |
dc.subject |
Pengaruh |
en_US |
dc.subject |
Media |
en_US |
dc.subject |
Kemampuan Membaca |
en_US |
dc.title |
PENGARUH PENGGUNAAN METODE DISKUSI MEDIA CERITA BERGAMBAR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA HIDUP RUKUN TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PESERTA DIDIK KELAS II DI MADRASAH IBTIDAIYAH DARUSSALAM PONTIANAK TIMUR |
en_US |
dc.type |
Skripsi |
en_US |