dc.description.abstract |
Penelitian tindakan kelas ini dilatar belakangi oleh rendahnya
kemampuan membaca dimana masih terdapat peserta didik yang memiliki
kesulitan dalam membaca, seperti penggunaan dalam tanda baca, terbata-bata
dalam membaca, pelafalan yang kurang tepat. Adapun tujuan penelitian yakni
1) Mendeskripsikan keterampilan peserta didik dalam membaca cerita
sebelum diterapkan strategi pembelajaran Direct Reading Thingking Activity
berbantuan media gambar berseri pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, 2)
Mendeskripsikan langkah – langkah penerapan strategi pembelajaran Direct
Reading Thingking Activity 3) Mendeskripsikan keterampilan peserta didik
dalam membaca cerita sesudah diterapkan strategi pembelajaran Direct
Reading Thingking Activity 4) Mendeskripsikan Peningkatan Kemampuan
peserta didik dalam membaca cerita sebelum dan sesudah diterapkan strategi
pembelajaran Direct Reading Thinking Activity
Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek
penelitian yaitu peserta didik kelas III SDN 62 Sungai Raya berjumlah 33
peserta didik. Tahapan pada penelitian ini terdiri dari tahap perancanaan,
tahap pelaksanaan, tahap observasi dan refleksi. Tekni pengumpulan data
pada penelitian ini adalah teknik tes, teknik observasi dan dokumen. Alat
pengumpulan data yang digunakan adalah lembar tes, lembar observasi dan
dokumen. Analisis data menggunakan analisis deskriptif yang diolah dengan
perhitungan rata-rata dan persentase.
Hasil penelitian menunjukkan 1) Keterampilan membaca siswa pada
pra siklus memiliki persentase 43, 43 % dengan kategori cukup 2) Langkahlangkah yang diterapakan pada siklus 1 dan 2 meliputi kegiatan awal, inti
dan akhir dengan durasi waktu 2x35 menit, 3) Setelah diterapkan strategi
pembelajaran Direct Reading Thinking Activity, pada siklus 1 diperoleh ratarata 60,10 % dengan kategori cukup baik, sedangkan pada siklus 2 diperoleh
rata-rata 81,06 % pada kategori sangat baik 4) Terdapat peningkatan
keterampilan membaca cerita setelah melalui siklus 2 dengan persentase akhir
81,06 % pada kategori sangat baik. |
en_US |