PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI KLASIFIKASI HEWAN DI KELAS V SEKOLAH DASAR BAWAMAI PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hasmy, Ali
dc.contributor.advisor Setyaningrum, Saumi
dc.contributor.author Wardani, Pradita
dc.date.accessioned 2023-09-21T03:45:01Z
dc.date.available 2023-09-21T03:45:01Z
dc.date.issued 2023-04
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3745
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: pertama, Pretasi Belajar peserta didik pada materi klasifikasi hewan di Kelas V SD Bawamai Pontianak yang tidak di ajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning tahun pelajaran 2022/2023. Kedua Pretasi Belajar peserta didik pada materi klasifikasi hewan di Kelas V SD Bawamai Pontianak yang diajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning tahun pelajaran 2022/2023. Ketiga Perbedaan prestasi belajar peserta didik yang diajar menggunakan model problem based learning pada materi klasifikasi hewan di kelas V SD Bawamai Pontianak Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen berbentuk kuansi experimen. Lokasi penelitiannya adalah di SD Bawamai Pontianak Jln. Kh. Admad Dahlan, Sungai Bangkong, Kec. Pontianak Kota, Kalimantan Barat. Sumber datanya adalah peserta didik di kelas V. Teknik Pengumpulan berupa pengukuran, dokumen. Alatnya tes/lembar soal dan kamera. Analisis data mencakup analisis instrumen, analisis deskriptif dan analisis pengaruh. Kesimpulan dari hasil penelitian ini yaitu: Pertama, Pretasi Belajar peserta didik pada materi klasifikasi hewan di Kelas V SD Bawamai Pontianak yang tidak diajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning Tahun Pelajaran 2022/202, diperoleh nilai prestasi belajar dengan persentase sebesar 69,20 berada pada kategori Kurang Baik. Kedua Pretasi Belajar peserta didik pada materi klasifikasi hewan di Kelas V SD Bawamai Pontianak yang diajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning Tahun Pelajaran 2022/2023, diperoleh nilai dengan persentase sebesar 77,30 berada pada kategori Sangat Tinggi. Ketiga, perbedaan prestasi belajar peserta didik yang diajar menggunakan model problem based learning pada materi klasifikasi hewan di kelas V SD Bawamai Pontianak Tahun Pelajaran 2022/2023, dapat ditunjukan dengan persentase 0,346% x 100% = 34,6%. Sisanya = 100% - 34,6% = 65,4% artinya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak masuk dalam ruang lingkup penelitian ini. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Model Problem Based Learning (PBL) en_US
dc.subject Prestasi Belajar en_US
dc.title PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI KLASIFIKASI HEWAN DI KELAS V SEKOLAH DASAR BAWAMAI PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account