dc.description.abstract |
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: pertama, Pretasi Belajar peserta
didik pada materi klasifikasi hewan di Kelas V SD Bawamai Pontianak yang tidak di ajar
menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning tahun pelajaran 2022/2023. Kedua
Pretasi Belajar peserta didik pada materi klasifikasi hewan di Kelas V SD Bawamai Pontianak
yang diajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning tahun pelajaran
2022/2023. Ketiga Perbedaan prestasi belajar peserta didik yang diajar menggunakan model
problem based learning pada materi klasifikasi hewan di kelas V SD Bawamai Pontianak Tahun
Pelajaran 2022/2023.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen berbentuk
kuansi experimen. Lokasi penelitiannya adalah di SD Bawamai Pontianak Jln. Kh. Admad
Dahlan, Sungai Bangkong, Kec. Pontianak Kota, Kalimantan Barat. Sumber datanya adalah
peserta didik di kelas V. Teknik Pengumpulan berupa pengukuran, dokumen. Alatnya tes/lembar
soal dan kamera. Analisis data mencakup analisis instrumen, analisis deskriptif dan analisis
pengaruh.
Kesimpulan dari hasil penelitian ini yaitu: Pertama, Pretasi Belajar peserta didik pada
materi klasifikasi hewan di Kelas V SD Bawamai Pontianak yang tidak diajar menggunakan
model pembelajaran Problem Based Learning Tahun Pelajaran 2022/202, diperoleh nilai prestasi
belajar dengan persentase sebesar 69,20 berada pada kategori Kurang Baik. Kedua Pretasi
Belajar peserta didik pada materi klasifikasi hewan di Kelas V SD Bawamai Pontianak yang
diajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning Tahun Pelajaran 2022/2023,
diperoleh nilai dengan persentase sebesar 77,30 berada pada kategori Sangat Tinggi. Ketiga,
perbedaan prestasi belajar peserta didik yang diajar menggunakan model problem based learning
pada materi klasifikasi hewan di kelas V SD Bawamai Pontianak Tahun Pelajaran 2022/2023,
dapat ditunjukan dengan persentase 0,346% x 100% = 34,6%. Sisanya = 100% - 34,6% = 65,4%
artinya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak masuk dalam ruang lingkup penelitian ini. |
en_US |