dc.description.abstract |
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan minat belajar dan
keterampilan menyimak cerita peserta didik melalui metode bercerita
berbantuan media Hands Puppets kelas IV SDN 38 Sungai Raya. Penelitian
ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, tiap siklus
terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan
refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN 38 Sungai
Raya, sejumlah 39 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan
teknik analisis Embedded Desisgn.
Berdasarkan penelitian ini menunjukkan peningkatan minat belajar
dan keterampilan menyimak cerita. Hal ini di buktikan dengan indikator
keberhasilan sebesar 60-70% dan diperoleh ketuntasan klasikal minat
belajar peserta didik tahap pratindakan sebesar 28,5 % kemudian meningkat
pada siklus I sebesar 43,9% selanjutnya meningkat pada siklus II menjadi
84,5%. untuk ketuntasan klasikal keterampilan menyimak cerita tahap
pratindakan yaitu sebesar 0% dan meningkat pada siklus I menjadi 10,4%
kemudian meningkat lagi pada siklus II menjadi 64,3%.
berdasarkan indikator keberhasilan sebesar 60-70% peserta didik
yang mendapat skor kriteria masing-masing variabel maka dapat
disimpulkan bahwa penggunaan metode bercerita dengan media Hand
Puppets dapat meningkatkan minat belajar dan keterampilan menyimak
cerita peserta didik kelas IV SDN 38 Sungai Raya. |
en_US |