dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Proses
pengembangan aplikasi bahan ajar tematik multimodal kelas V tema 9
berbasis android. (2) Kelayakan produk pengembangan aplikasi bahan ajar
tematik multimodal kelas V tema 9 berbasis android. (3) Kelayakan media
pengembangan aplikasi bahan ajar tematik multimodal kelas V tema 9
berbasis android. (4) Kelayakan materi pengembangan aplikasi bahan ajar
tematik multimodal kelas V tema 9 berbasis android. (5) Kepraktisan
pengembangan aplikasi bahan ajar tematik multimodal kelas V tema 9
berbasis android. (6) Keefektifan pengembangan aplikasi bahan ajar tematik
multimodal kelas V tema 9 berbasis android.
Penelitian ini menggunakan model pengembangan Four-D terdiri dari 4
tahap yaitu Define (penetapan), Design (perancangan), Develop
(pengembangan), dan Disseminate (penyebarluasan). Lokasi penelitiannya
adalah di SDN 09 Pontianak Utara Jalan Parit Nenas, Siantan Hulu, Pontianak
Utara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat.. Instrumen pengumpulan data
menggunakan validasi, tes tulis dan dokumentasi.
Hasil yang diperoleh yaitu: (1) Pengembangan dilakukan menggunakan
aplikasi Flip PDF dan Website 2 APK Builder melalui 4 tahap yaitu: Pertama
Define (penetapan), kedua Design (perancangan), ketiga Develop
(pengembangan), keempat Disseminate (penyebarluasan). (2) Berdasarkan
hasil uji kelayakan produk bahan ajar mendapat persentase sebesar 98,21 %
dari 100 % dengan kategori sangat layak. (3) Berdasarkan hasil uji kelayakan
media bahan ajar mendapat persentase sebesar 100 % dari 100 % dengan
kategori sangat layak. (4) Berdasarkan hasil uji kelayakan materi bahan ajar
persentase sebesar 98,43 % dari 100 % dengan kategori sangat layak. (5)
Berdasarkan hasil uji kepraktisan aplikasi bahan ajar tematik multimodal
tema 9 berbasis android mendapat persentase sebesar 98,80% dari 100%
dengan kategori sangat praktis. (6) Berdasarkan hasil uji keefektifan aplikasi
bahan ajar tematik multimodal berbasis android efektif dalam meningkatkan
hasil belajar siswa, dengan diperoleh nilai t statistik (18,222) lebih besar
daripada nilai t tabel (2,052). |
en_US |