dc.description.abstract |
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui korelasi antara motivasi dengan
hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik di kelas IV Sekolah Dasar
Negeri 06 Arung Parak Kabupaten Sambas. Penelitian ini menggunakan metode
penelitian kuantitatif dengan bentuk penelitian korelasional. Subjek dalam
penelitian ini adalah peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Negeri 06 Arung Parak
Kabupaten Sambas yang berjumlah 38 peserta didik. Dengan teknik total
sampling.
Jenis motivasi belajar yang diteliti diantaranya durasi belajar, sikap
terhadap belajar, konsistensi terhadap belajar, kegigihan dalam belajar, loyalitas
terhadap belajar, dan visi dalam belajar. Data yang digunakan adalah data dari
hasil angket dan dokumen hasil belajar. Teknik dan alat pengumpulan data yang
digunakan adalah Teknik kuesioner berupa lembar kuesioner dengan 30
pernyataan, teknik dokumentasi berupa hasil nilai PAS (Penilaian Akhir
Semester) pembelajaran tematik peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Negeri 06
Arung Parak Kabupaten Sambas dan teknik wawancara berupa pedoman
wawancara dengan 13 pertanyaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa korelasi
antara motivasi belajar dengan hasil belajar peserta didik sebesar rhitung = 0,335
dengan taraf signifikan 5% yaitu dengan N = 38. Maka N = 38 adalah 0,320.
Dengan demikian rhitung > rtabel atau 0,335 > 0,320. Berdasarkan data tersebut
dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi yanng rendah antara motivasi belajar
dengan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik di kelas IV Sekolah
Dasar Negeri 06 Arung Parak Kabupaten Sambas. |
en_US |