PENGARUH PENERAPAN MEDIA STRIP STORY TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERITA PADA PESERTA DIDIK TEMA 8 DAERAH TEMPAT TINGGALKU DI KELAS IV MI IMADUDDIN KUBU RAYA TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Show simple item record

dc.contributor.advisor Patmawati, Patmawati
dc.contributor.advisor Raudlah, Siti
dc.contributor.author Khomsatun, Khomsatun
dc.date.accessioned 2023-09-20T12:05:36Z
dc.date.available 2023-09-20T12:05:36Z
dc.date.issued 2023-04
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3739
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap kemampuan menulis cerita fiksi sebelum dan sesudah menggunakan media strip story pada peserta didik kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Imaduddin Kubu Raya Tahun Pembelajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis Quasi Experimental Design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 56 peserta didik, yang terdiri dari 28 peserta didik kelas kontrol dan 28 peserta didik kelas eksperimen. Alat pengumpul data yang digunakan adalah tes dan pedoman observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik. Pengolahan data dibantu program SPSS Versi 22. Berdasarkan analisis data maka dapatlah ditarik kesimpulan berikut: (1) Kemampuan peserta didik dalam menulis cerita sebelum menggunakan media Strip Story berdasarkan hasil pretes untuk kelas eksperimen mempunyai nilai terendah 24 dan nilai tertinggi 75 dengan mean 46,61, standar deviasi 14,19, sedangkan hasil pretest kelas kontrol mempunyai nilai terendah 28 dan nilai tertinggi 73 dengan mean 46,46, standar deviasi 12,387. (2) Kemampuan peserta didik dalam menulis cerita sesudah menggunakan media Strip Story bedasarkan hasil post test kelas eksperimen mempunyai nilai terendah 46 dan nilai tertinggi 100 dengan mean 73,32, standar deviasi 13,241, sedangkan hasil post test kelas kontrol mempunyai nilai terendah 40 dan nilai tertinggi 75 dengan mean 55,71, standar deviasi 11,122. (3) Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan penggunaan penerapan media strip story terhadap kemampuan menulis cerita pada peserta didik kelas IV di MIS Imaduddin Kubu Raya dengan nilai signifikansi atau p-value 0,000 < 0,05 maka menunjukkan adanya perbedaan signifikan nilai kemampuan menulis cerita fiksi peserta didik setelah diberikan treatment pada kelas eksperimen dan kelas control. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Media Strip Story en_US
dc.subject Kemampuan Menulis Cerita en_US
dc.title PENGARUH PENERAPAN MEDIA STRIP STORY TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERITA PADA PESERTA DIDIK TEMA 8 DAERAH TEMPAT TINGGALKU DI KELAS IV MI IMADUDDIN KUBU RAYA TAHUN PELAJARAN 2021/2022 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account