dc.description.abstract |
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap kemampuan menulis cerita
fiksi sebelum dan sesudah menggunakan media strip story pada peserta didik kelas
IV di Madrasah Ibtidaiyah Imaduddin Kubu Raya Tahun Pembelajaran 2021/2022.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis Quasi
Experimental Design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 56 peserta didik,
yang terdiri dari 28 peserta didik kelas kontrol dan 28 peserta didik kelas
eksperimen. Alat pengumpul data yang digunakan adalah tes dan pedoman
observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik. Pengolahan data
dibantu program SPSS Versi 22.
Berdasarkan analisis data maka dapatlah ditarik kesimpulan berikut: (1)
Kemampuan peserta didik dalam menulis cerita sebelum menggunakan media Strip
Story berdasarkan hasil pretes untuk kelas eksperimen mempunyai nilai terendah
24 dan nilai tertinggi 75 dengan mean 46,61, standar deviasi 14,19, sedangkan hasil
pretest kelas kontrol mempunyai nilai terendah 28 dan nilai tertinggi 73 dengan
mean 46,46, standar deviasi 12,387. (2) Kemampuan peserta didik dalam menulis
cerita sesudah menggunakan media Strip Story bedasarkan hasil post test kelas
eksperimen mempunyai nilai terendah 46 dan nilai tertinggi 100 dengan mean
73,32, standar deviasi 13,241, sedangkan hasil post test kelas kontrol mempunyai
nilai terendah 40 dan nilai tertinggi 75 dengan mean 55,71, standar deviasi 11,122.
(3) Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan
penggunaan penerapan media strip story terhadap kemampuan menulis cerita pada
peserta didik kelas IV di MIS Imaduddin Kubu Raya dengan nilai signifikansi atau
p-value 0,000 < 0,05 maka menunjukkan adanya perbedaan signifikan nilai
kemampuan menulis cerita fiksi peserta didik setelah diberikan treatment pada
kelas eksperimen dan kelas control. |
en_US |