PENERAPAN METODE BERNYANYI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA RUMUS BANGUN DATAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IVA MIN 2 KUBU RAYA TAHUN AJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Yusdiana, Yusdiana
dc.contributor.advisor Setyaningrum, Vidya
dc.contributor.author Fauziana, Isna
dc.date.accessioned 2023-09-20T11:15:49Z
dc.date.available 2023-09-20T11:15:49Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3736
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas IVa pada pembelajaran matematika di sekolah tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hasil belajar peserta didik sebelum menggunakan metode belajar bernyanyi; (2) penerapan metode bernyanyi untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik; (3) hasil belajar setelah menggunakan metode bernyanyi. Penelitian ini termasuk penelitian mix metode. Alat pengumpulan data yaitu tes, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kubu Raya. Sumber utama adalah peserta didik kelas IVa MIN 2 Kubu Raya yang berjumlah 34 orang. Sedangkan untuk menganalisis datanya peneliti menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan pada analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa: (1) hasil belajar peserta didik pada materi bangun datar sebelum menggunakan menggunakan metode belajar bernyanyi dan hasil belajar peserta didik yang tuntas sebanyak 38% dengan nilai rata-rata kelas berjumlah 57,64. (2) hasil presentase observasi penggunaan metode belajar bernyanyi pada materi keliling dan luas persegi, persegi panjang dan segitiga siklus I adalah sebesar 88,8%. Pada siklus II materi bilangan pangkat dua dan akar pangkat dua merupakan upaya tindakkan selanjutnya untuk memperbaiki kekurangankekurangan pada siklus I, sehingga pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 94%. (3) hasil belajar peserta didik setelah menggunakan metode belajar bernyanyi pada siklus I menunjukkan, bahwa peserta didik lebih mudah untuk mengingat rumus, aktif dan bersemangat dari sebelumnya dalam mengikuti proses pembelajaran dengan perolehan hasil belajar yang mencapai tuntas pada siklus I menunjukkan sebanyak 65% dengan nilai rata-rata kelas berjumlah 76,38. Hasil tersebut mengalami peningkatan lebih baik lagi setelah dilaksanakan penelitian pada siklus II dengan juga menerapkan metode belajar bernyanyi dan hasil belajar peserta didik yang tuntas sebanyak 85% dengan nilai rata-rata kelas berjumlah 84,41. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Hasil belajar en_US
dc.subject Rumus bangun datar en_US
dc.subject Metode bernyanyi en_US
dc.title PENERAPAN METODE BERNYANYI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA RUMUS BANGUN DATAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IVA MIN 2 KUBU RAYA TAHUN AJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account