dc.description.abstract |
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas IVa
pada pembelajaran matematika di sekolah tersebut, maka penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui: (1) hasil belajar peserta didik sebelum menggunakan metode
belajar bernyanyi; (2) penerapan metode bernyanyi untuk meningkatkan hasil
belajar peserta didik; (3) hasil belajar setelah menggunakan metode bernyanyi.
Penelitian ini termasuk penelitian mix metode. Alat pengumpulan data yaitu
tes, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah
Negeri 2 Kubu Raya. Sumber utama adalah peserta didik kelas IVa MIN 2 Kubu
Raya yang berjumlah 34 orang. Sedangkan untuk menganalisis datanya peneliti
menggunakan analisis deskriptif.
Berdasarkan pada analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan
bahwa: (1) hasil belajar peserta didik pada materi bangun datar sebelum
menggunakan menggunakan metode belajar bernyanyi dan hasil belajar peserta
didik yang tuntas sebanyak 38% dengan nilai rata-rata kelas berjumlah 57,64. (2)
hasil presentase observasi penggunaan metode belajar bernyanyi pada materi
keliling dan luas persegi, persegi panjang dan segitiga siklus I adalah sebesar
88,8%. Pada siklus II materi bilangan pangkat dua dan akar pangkat dua
merupakan upaya tindakkan selanjutnya untuk memperbaiki kekurangankekurangan pada siklus I, sehingga pada siklus II mengalami peningkatan sebesar
94%. (3) hasil belajar peserta didik setelah menggunakan metode belajar
bernyanyi pada siklus I menunjukkan, bahwa peserta didik lebih mudah untuk
mengingat rumus, aktif dan bersemangat dari sebelumnya dalam mengikuti proses
pembelajaran dengan perolehan hasil belajar yang mencapai tuntas pada siklus I
menunjukkan sebanyak 65% dengan nilai rata-rata kelas berjumlah 76,38. Hasil
tersebut mengalami peningkatan lebih baik lagi setelah dilaksanakan penelitian
pada siklus II dengan juga menerapkan metode belajar bernyanyi dan hasil belajar
peserta didik yang tuntas sebanyak 85% dengan nilai rata-rata kelas berjumlah
84,41. |
en_US |