dc.description.abstract |
Penelitian ini di latar belakangi oleh persoalan bahan ajar yang digunakan
sekolah dirasa kurang efektif apalagi dimasa pembelajaran jarak jauh ini, sehingga
tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan menghasilkan sebuah
media pembelajaran yang valid, praktis dan memiliki dampak yang efektif
terhadap pembelajaran peserta didik. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan bagaimana proses pengembangan, kelayakan produk,
kepraktisan dan kefektifan dari aplikasi bahan ajar multimodal berbasis android
tema 8 kelas V di SD Negeri 09 Pontianak Utara.
Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan Four-D
Model, terdiri dari 4 tahap yaitu Define (penetapan), Design (perancangan),
Develop (pengembangan), dan Disseminate (penyebarluasan). Sumber data
penelitian ini adalah dua dosen ahli media dan guru kelas V dan siswa kelas V di
SD Negeri 09 Pontianak Utara. Data penelitian dikumpulkan menggunakan
lembar instrument, lembar soal dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data
melalui tiga tahapan, dari tahap studi pendahuluan lanjut ke tahap pengembangan
prototype dan terakhir tahap Uji.
Berdasarkan data dan hasil uji dapat disimpulkan sebagai berikut: Hasil
rata-rata komulatif yang didapat dari uji Kelayakan yaitu 3,92 maka bahan ajar
yang dibuat dikategorikan Sangat Layak, selanjutnya rata-rata komulatif yang
didapat dari uji Kepraktisan yaitu 3,95 maka bahan ajar yang dibuat dikategorikan
Sangat Praktis dan terakhir uji Keefektifan produk bahan ajar yang dikembangkan
sesuai dengan hasil Uji t (beda) didapat nilai t hitung sebesar -13,723 dan nilai t
tabel sebesar 2,056. Maka sesuai dengan kriteria uji yang telah ditetapkan, karena
nilai t hitung -13,723 < nilai t tabel 2,056 disimpulkan Hipotesis awal diterima
yaitu terdapat perbedaan hasil yang signifikan dari penggunaan Aplikasi Bahan
Ajar Multimodal dalam pembelajaran. Dari tiga hal tersebut membuktikan bahwa
Bahan Ajar Multimodal Berbasis Android pada Pembelajaran Tematik Tema 8
Kelas V, layak, praktis serta efektif digunakan dalam pembelajaran. |
en_US |