PENGEMBANGAN APLIKASI BAHAN AJAR MULTIMODAL BERBASIS ANDROID PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 8 KELAS V DI SD NEGERI 09 PONTIANAK UTARA

Show simple item record

dc.contributor.advisor Mansur, Mansur
dc.contributor.advisor Mahrani, Mahrani
dc.contributor.author Hamzah, Husain
dc.date.accessioned 2023-09-20T11:06:08Z
dc.date.available 2023-09-20T11:06:08Z
dc.date.issued 2023-04
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3735
dc.description.abstract Penelitian ini di latar belakangi oleh persoalan bahan ajar yang digunakan sekolah dirasa kurang efektif apalagi dimasa pembelajaran jarak jauh ini, sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan menghasilkan sebuah media pembelajaran yang valid, praktis dan memiliki dampak yang efektif terhadap pembelajaran peserta didik. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana proses pengembangan, kelayakan produk, kepraktisan dan kefektifan dari aplikasi bahan ajar multimodal berbasis android tema 8 kelas V di SD Negeri 09 Pontianak Utara. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan Four-D Model, terdiri dari 4 tahap yaitu Define (penetapan), Design (perancangan), Develop (pengembangan), dan Disseminate (penyebarluasan). Sumber data penelitian ini adalah dua dosen ahli media dan guru kelas V dan siswa kelas V di SD Negeri 09 Pontianak Utara. Data penelitian dikumpulkan menggunakan lembar instrument, lembar soal dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data melalui tiga tahapan, dari tahap studi pendahuluan lanjut ke tahap pengembangan prototype dan terakhir tahap Uji. Berdasarkan data dan hasil uji dapat disimpulkan sebagai berikut: Hasil rata-rata komulatif yang didapat dari uji Kelayakan yaitu 3,92 maka bahan ajar yang dibuat dikategorikan Sangat Layak, selanjutnya rata-rata komulatif yang didapat dari uji Kepraktisan yaitu 3,95 maka bahan ajar yang dibuat dikategorikan Sangat Praktis dan terakhir uji Keefektifan produk bahan ajar yang dikembangkan sesuai dengan hasil Uji t (beda) didapat nilai t hitung sebesar -13,723 dan nilai t tabel sebesar 2,056. Maka sesuai dengan kriteria uji yang telah ditetapkan, karena nilai t hitung -13,723 < nilai t tabel 2,056 disimpulkan Hipotesis awal diterima yaitu terdapat perbedaan hasil yang signifikan dari penggunaan Aplikasi Bahan Ajar Multimodal dalam pembelajaran. Dari tiga hal tersebut membuktikan bahwa Bahan Ajar Multimodal Berbasis Android pada Pembelajaran Tematik Tema 8 Kelas V, layak, praktis serta efektif digunakan dalam pembelajaran. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Pengembangan en_US
dc.subject Bahan Ajar en_US
dc.subject Multimodal en_US
dc.title PENGEMBANGAN APLIKASI BAHAN AJAR MULTIMODAL BERBASIS ANDROID PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 8 KELAS V DI SD NEGERI 09 PONTIANAK UTARA en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account