dc.contributor.advisor |
Dulhadi, Dulhadi |
|
dc.contributor.advisor |
Habaridota, Maha Lastasa Buju Basafpipana |
|
dc.contributor.author |
Susanti, Elda |
|
dc.date.accessioned |
2023-09-20T02:30:48Z |
|
dc.date.available |
2023-09-20T02:30:48Z |
|
dc.date.issued |
2023-04 |
|
dc.identifier.uri |
https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3730 |
|
dc.description.abstract |
Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan: 1) Pemahaman konsep
peserta didik pada pembelajaran tematik tema 6 sebelum menerapkan tipe STAD
berbantuan media Big book; 2) Penerapan tipe STAD berbantuan media Big book
pada pembelajaran tematik tema 6; 3) Pemahaman konsep peserta didik pada
pembelajaran tematik tema 6 setelah menerapkan tipe STAD berbantuan media
Big book; 4) Peningkatan pemahaman konsep peserta didik pada pembelajaran
tematik tema 6 setelah menerapkan tipe STAD berbantuan media Big book.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kombinasi dengan jenis
penelitian tindakan kelas (PTK) yang berlokasi di SDN 09 Pontianak Tenggara
dengan subyek penelitian peserta didik kelas V. Teknik pengumpulan data melalui
tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah
teknik analisis data deskriptif kuantitatif.
Hasil temuan penelitian: 1) Pemahaman konsep peserta didik sebelum
menerapkan tipe STAD berbantuan media Big book memperoleh nilai rata-rata
51,2 dengan jumlah peserta didik yang memenuhi KKM sebanyak 4 orang; 2)
Penerapan tipe STAD berbantuan media Big book berhasil dilaksanakan sesuai
dengan langkah-langkah pelaksanaan; 3) Pemahaman konsep peserta didik setelah
menerapkan tipe STAD berbantuan media Big book memperoleh nilai rata-rata
pada siklus I 75,2 dan siklus II 87,8 dengan jumlah peserta didik yang nilainya
meningkat pada siklus I sebanyak 23 orang dan siklus II sebanyak 20 orang; 4)
Berdasarkan data yang diperoleh terdapat peningkatan pemahaman konsep peserta
didik pada pembelajaran tematik tema 6 kelas V setelah menerapkan model
pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media Big book. Maka dari itu
dapat di tarik kesimpulan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD
berbantuan media Big book dapat meningkatkan pemahaman konsep peserta didik
pada pembelajaran tematik tema 6 di kelas V SDN 09 Pontianak Tenggara. |
en_US |
dc.language.iso |
id |
en_US |
dc.publisher |
IAIN Pontianak |
en_US |
dc.subject |
Model Pembelajaran Kooperatif |
en_US |
dc.subject |
Tipe STAD |
en_US |
dc.subject |
Media Big book |
en_US |
dc.subject |
Pemahaman Konsep |
en_US |
dc.title |
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN MEDIA BIG BOOK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 6 DI KELAS V SDN 09 PONTIANAK TENGGARA |
en_US |
dc.type |
Skripsi |
en_US |