PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN MEDIA BIG BOOK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 6 DI KELAS V SDN 09 PONTIANAK TENGGARA

Show simple item record

dc.contributor.advisor Dulhadi, Dulhadi
dc.contributor.advisor Habaridota, Maha Lastasa Buju Basafpipana
dc.contributor.author Susanti, Elda
dc.date.accessioned 2023-09-20T02:30:48Z
dc.date.available 2023-09-20T02:30:48Z
dc.date.issued 2023-04
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3730
dc.description.abstract Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan: 1) Pemahaman konsep peserta didik pada pembelajaran tematik tema 6 sebelum menerapkan tipe STAD berbantuan media Big book; 2) Penerapan tipe STAD berbantuan media Big book pada pembelajaran tematik tema 6; 3) Pemahaman konsep peserta didik pada pembelajaran tematik tema 6 setelah menerapkan tipe STAD berbantuan media Big book; 4) Peningkatan pemahaman konsep peserta didik pada pembelajaran tematik tema 6 setelah menerapkan tipe STAD berbantuan media Big book. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kombinasi dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang berlokasi di SDN 09 Pontianak Tenggara dengan subyek penelitian peserta didik kelas V. Teknik pengumpulan data melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif kuantitatif. Hasil temuan penelitian: 1) Pemahaman konsep peserta didik sebelum menerapkan tipe STAD berbantuan media Big book memperoleh nilai rata-rata 51,2 dengan jumlah peserta didik yang memenuhi KKM sebanyak 4 orang; 2) Penerapan tipe STAD berbantuan media Big book berhasil dilaksanakan sesuai dengan langkah-langkah pelaksanaan; 3) Pemahaman konsep peserta didik setelah menerapkan tipe STAD berbantuan media Big book memperoleh nilai rata-rata pada siklus I 75,2 dan siklus II 87,8 dengan jumlah peserta didik yang nilainya meningkat pada siklus I sebanyak 23 orang dan siklus II sebanyak 20 orang; 4) Berdasarkan data yang diperoleh terdapat peningkatan pemahaman konsep peserta didik pada pembelajaran tematik tema 6 kelas V setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media Big book. Maka dari itu dapat di tarik kesimpulan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media Big book dapat meningkatkan pemahaman konsep peserta didik pada pembelajaran tematik tema 6 di kelas V SDN 09 Pontianak Tenggara. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Model Pembelajaran Kooperatif en_US
dc.subject Tipe STAD en_US
dc.subject Media Big book en_US
dc.subject Pemahaman Konsep en_US
dc.title PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN MEDIA BIG BOOK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 6 DI KELAS V SDN 09 PONTIANAK TENGGARA en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account