dc.description.abstract |
Tujuan umum dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan
penelitian penerapan model pembelajaran Team Assised Individualization
(TAI) berbantuan media Multiply Cards untuk meningkatkan kemampuan
peserta didik dalam berhitung materi perkalian di kelas II SD Negeri Sungai
Raya. Sedangkan tujuan khusus dalam penelitian ini adalah: (1)
mendeskripsikan kemampuan peserta didik dalam berhitung sebelum
diterapkan model pembelajaran TAI berbantuan media multiply cards. (2)
mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model pembelajaran TAI
berbantuan media Multiply Cards untuk meningkatkan kemampuan peserta
didik dalam berhitung materi perkalian kelas II SD Negeri Sungai Raya. (3)
mendeskripsikan kemampuan peserta didik dalam berhitung materi
perkalian sesudah diterapkan model pembelajaran TAI berbantuan media
Multiply Cards di kelas II SD Negeri 62 Sungai Raya. (4) mendeskripsikan
peningkatan kemampuan peserta didik dalam berhitung materi perkalian
sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran TAI berbantuan media
Multiply Cards kelas II di SD Negeri 62 Sungai Raya.
Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas. Adapun
subjek penelitian ini berjumlah 31 peserta didik, teknik pengumpulan data
yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi.
Sedangkan alat pengumpulan data adalah lembar observasi, soal tes,
dokumen. Adapun teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan
analisis deskriptif rata-rata (mean) dan persentase.
Pada pembelajaran Matematika materi perkalian di kelas II SD
Negeri 62 Sungai Raya; (1) sebelum dilakukan tindakan rata-rata
kemampuan berhitung sebesar 47,09 (2) penerapan model pembelajaran
TAI berbantuan media Multiply Cards dilakukan dengan dua siklus yaitu
siklus I dan siklus II. (3) setelah dilakukan tindakan menunjukan bahwa
pada siklus I nilai rata-rata peserta didik meningkat menjadi 61,93 dan pada
siklus II meningkat menjadi 87,09; (4) terdapat peningkatan kemampuan
peserta didik dalam berhitung materi perkalian selama pelaksanaan
tindakan, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Team Assisted
Individualization berbantuan media Multiply Cards mampu meningkatkan
kemampuan peserta didik dalam berhitung materi perkalian di kelas II SD
Negeri 62 Sungai Raya. |
en_US |