PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION BERBANTUAN MEDIA MULTIPLY CARDS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG MATERI PERKALIAN KELAS II DI SDN 62 SUNGAI RAYA

Show simple item record

dc.contributor.advisor Kartini, Kartini
dc.contributor.advisor Zulkarnain, Zulkarnain
dc.contributor.author Putri, Cindy Riani
dc.date.accessioned 2023-09-20T01:35:49Z
dc.date.available 2023-09-20T01:35:49Z
dc.date.issued 2023-05
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3728
dc.description.abstract Tujuan umum dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan penelitian penerapan model pembelajaran Team Assised Individualization (TAI) berbantuan media Multiply Cards untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam berhitung materi perkalian di kelas II SD Negeri Sungai Raya. Sedangkan tujuan khusus dalam penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan kemampuan peserta didik dalam berhitung sebelum diterapkan model pembelajaran TAI berbantuan media multiply cards. (2) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model pembelajaran TAI berbantuan media Multiply Cards untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam berhitung materi perkalian kelas II SD Negeri Sungai Raya. (3) mendeskripsikan kemampuan peserta didik dalam berhitung materi perkalian sesudah diterapkan model pembelajaran TAI berbantuan media Multiply Cards di kelas II SD Negeri 62 Sungai Raya. (4) mendeskripsikan peningkatan kemampuan peserta didik dalam berhitung materi perkalian sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran TAI berbantuan media Multiply Cards kelas II di SD Negeri 62 Sungai Raya. Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas. Adapun subjek penelitian ini berjumlah 31 peserta didik, teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Sedangkan alat pengumpulan data adalah lembar observasi, soal tes, dokumen. Adapun teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif rata-rata (mean) dan persentase. Pada pembelajaran Matematika materi perkalian di kelas II SD Negeri 62 Sungai Raya; (1) sebelum dilakukan tindakan rata-rata kemampuan berhitung sebesar 47,09 (2) penerapan model pembelajaran TAI berbantuan media Multiply Cards dilakukan dengan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. (3) setelah dilakukan tindakan menunjukan bahwa pada siklus I nilai rata-rata peserta didik meningkat menjadi 61,93 dan pada siklus II meningkat menjadi 87,09; (4) terdapat peningkatan kemampuan peserta didik dalam berhitung materi perkalian selama pelaksanaan tindakan, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Team Assisted Individualization berbantuan media Multiply Cards mampu meningkatkan kemampuan peserta didik dalam berhitung materi perkalian di kelas II SD Negeri 62 Sungai Raya. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Penerapan Model TAI en_US
dc.subject Multiply Cards en_US
dc.subject kemampuan berhitung en_US
dc.title PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION BERBANTUAN MEDIA MULTIPLY CARDS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG MATERI PERKALIAN KELAS II DI SDN 62 SUNGAI RAYA en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account