PENGARUH PENERAPAN METODE DRILL DENGAN BANTUAN MEDIA BLOK PECAHAN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATERI PECAHAN PADA PESERTA DIDIK KELAS III MIN 1 PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rahmatullah, M
dc.contributor.advisor Setyaningrum, Vidya
dc.contributor.author Febriani, Annisa
dc.date.accessioned 2023-09-20T01:11:50Z
dc.date.available 2023-09-20T01:11:50Z
dc.date.issued 2023-04
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3726
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) Pemahaman konsep materi pecahan pada peserta didik dikelas kontrol. 2) Pemahaman konsep materi pecahan pada peserta didik dikelas eksperimen. 3) Pengaruh penerapan penggunaan metode drill dengan bantuan media blok pecahan terhadap pemahaman konsep materi pecahan pada peserta didik. 4) Seberapa besar pengaruh penerapan penggunaan metode drill dengan bantuan media blok pecahan terhadap pemahaman konsep materi pecahan pada peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen Quasi Eksperimental Desain dengan teknik penelitian pretest postest Control Group desain . Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas III, sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas III A dan III C, teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Alat pengumpulan data, lembar observasi, soal essay dan lembar dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji hipotesis, N-Gain. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan : 1) kemampuan pemahaman konsep materi pecahan peserta didik pada saat pretest memperoleh nilai rata-rata sebesar 34. Hasil ini belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 70 pada materi pecahan. 2) kemampuan pemahaman konsep materi pecahan peserta didik pada saat posttest terjadi peningkatan dengan nilai rata-rata sebesar 72 yang bearrti sudah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 70. 3) Setelah diterapkan metode drill dengan bantuan media blok pecahan maka terdapat pengaruh yang signifikan yang diuji Mann Whitney dengan bantuan IBM SPSS Version 29 For Windows sebesar 0,001 < 0,05, yang berarti nilai residual berdistribusi ada perbedaan dibanding dengan sebelum diterapkan metode drill dengan bantuan media blok pecahan. 4) besar pengaruh metode drill dengan bantuan media blok pecahan terhadap pemahaman konsep peserta didik kelas III MIN 1 Pontianak berdasarkan perhitungan N-gain, diperoleh skor 0,57 dan termasuk dalam kategori sedang. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Metode Drill en_US
dc.subject Media Blok Pecahan en_US
dc.subject Pemahaman Konsep en_US
dc.title PENGARUH PENERAPAN METODE DRILL DENGAN BANTUAN MEDIA BLOK PECAHAN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATERI PECAHAN PADA PESERTA DIDIK KELAS III MIN 1 PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account