dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) Pemahaman konsep materi
pecahan pada peserta didik dikelas kontrol. 2) Pemahaman konsep materi pecahan
pada peserta didik dikelas eksperimen. 3) Pengaruh penerapan penggunaan metode
drill dengan bantuan media blok pecahan terhadap pemahaman konsep materi pecahan
pada peserta didik. 4) Seberapa besar pengaruh penerapan penggunaan metode drill
dengan bantuan media blok pecahan terhadap pemahaman konsep materi pecahan pada
peserta didik.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian
eksperimen Quasi Eksperimental Desain dengan teknik penelitian pretest postest
Control Group desain . Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas III,
sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas III A dan III C, teknik sampling
yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Alat pengumpulan data,
lembar observasi, soal essay dan lembar dokumentasi. Teknik analisis data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji
hipotesis, N-Gain.
Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan : 1) kemampuan pemahaman
konsep materi pecahan peserta didik pada saat pretest memperoleh nilai rata-rata
sebesar 34. Hasil ini belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 70
pada materi pecahan. 2) kemampuan pemahaman konsep materi pecahan peserta didik
pada saat posttest terjadi peningkatan dengan nilai rata-rata sebesar 72 yang bearrti
sudah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 70. 3) Setelah diterapkan
metode drill dengan bantuan media blok pecahan maka terdapat pengaruh yang
signifikan yang diuji Mann Whitney dengan bantuan IBM SPSS Version 29 For
Windows sebesar 0,001 < 0,05, yang berarti nilai residual berdistribusi ada perbedaan
dibanding dengan sebelum diterapkan metode drill dengan bantuan media blok
pecahan. 4) besar pengaruh metode drill dengan bantuan media blok pecahan terhadap
pemahaman konsep peserta didik kelas III MIN 1 Pontianak berdasarkan perhitungan
N-gain, diperoleh skor 0,57 dan termasuk dalam kategori sedang. |
en_US |