Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya tenaga pengajar khusus Tahfidz
Al-Qur’an hanya ada 2 guru sedangkan jumlah rombel ada 7 sisanya dipegang oleh
guru kelas masing-masing sehingga kompetensi tenaga professional guru untuk
mengajar tahfidz Al-Qur’an masih rendah, untuk menetapkan hafalan siswa supaya
tidak mudah lupa masih sangat kesulitan serta kurangnya motivasi dari orangtua
dalam membimbing muroja’ah hafalan saat di rumah.
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memperoleh data dan
mendeskripsikan Efektivitas Metode Al-Qosimi dalam Meningkatkan Hafalan Siswa
pada Pembelajaran tahfidz Al-qur’an di Sekolah Dasar Integral Luqman Al-Hakim
Pontianak.
Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kombinasi (Mixed
Method Research). Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini
adalah: Observasi, Tes, Wawancara, dan Dokumentasi. Teknis analisis datanya yaitu:
menggunakan mean, median, modus untuk memperoleh data, dan untuk
mendeskripsikan menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data,
kesimpulan.
Kesimpulan hasil penelitian adalah: 1) Capaian pembelajaran Tahfidz Alqur’an dari hasil postest hafalan siswa menggunakan metode al-qosimi di SD Integral
Luqman Al-Hakim Pontianak dalam kategori sangat baik karena berdasarkan
keterangan nilai sekolah pada pembelajran tahfidz Al-Qur’an yaitu pada interval 91-
100. 2) Waktu yang digunakan untuk pembelajaran tahfidznya yaitu 60 menit jika
menggunakan metode Al-Qosimi yang direaktualisasikan dengan menggabungkan
dengan metode menghafal yang lainnya maka metode Al-Qosimi tersebut menjadi
sangat efektiv dalam meningkatkan hafalan siswa 3) Intensifitas guru dalam
memotivasi belajar siswa pada pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an menggunakan
metode Al-Qosimi telah terlaksana dengan baik yaitu guru menyampaikan
kedudukan di sisi Allah yang sangat mulia untuk para penghafal Al-Qur’an,
melakukan ice breaking, memberikan motivasi secara teori dan materi dan
menyampaikan kelebihan penghafal Al-Qur’an, serta memberikan hukuman
muroja’ah 4) Faktor pendukung agar proses pembelajaran tahfidz Al-Qur’an
menggunakan metode Al-Qosimi berjalan lancar antara lain: faktor internal (minat
dan usia siswa) dan eksternal (guru, orangtua, tempat belajar).