EFEKTIVITAS METODE AL-QOSIMI DALAM MENINGKATKAN HAFALAN SISWA PADA PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QUR’AN DI SEKOLAH DASAR INTEGRAL LUQMAN AL-HAKIM PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Wahab, Wahab
dc.contributor.advisor Hidayat, Samsul
dc.contributor.author Fatimah, Siti
dc.date.accessioned 2023-09-18T01:23:41Z
dc.date.available 2023-09-18T01:23:41Z
dc.date.issued 2023-01
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3707
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya tenaga pengajar khusus Tahfidz Al-Qur’an hanya ada 2 guru sedangkan jumlah rombel ada 7 sisanya dipegang oleh guru kelas masing-masing sehingga kompetensi tenaga professional guru untuk mengajar tahfidz Al-Qur’an masih rendah, untuk menetapkan hafalan siswa supaya tidak mudah lupa masih sangat kesulitan serta kurangnya motivasi dari orangtua dalam membimbing muroja’ah hafalan saat di rumah. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memperoleh data dan mendeskripsikan Efektivitas Metode Al-Qosimi dalam Meningkatkan Hafalan Siswa pada Pembelajaran tahfidz Al-qur’an di Sekolah Dasar Integral Luqman Al-Hakim Pontianak. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kombinasi (Mixed Method Research). Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini adalah: Observasi, Tes, Wawancara, dan Dokumentasi. Teknis analisis datanya yaitu: menggunakan mean, median, modus untuk memperoleh data, dan untuk mendeskripsikan menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, kesimpulan. Kesimpulan hasil penelitian adalah: 1) Capaian pembelajaran Tahfidz Alqur’an dari hasil postest hafalan siswa menggunakan metode al-qosimi di SD Integral Luqman Al-Hakim Pontianak dalam kategori sangat baik karena berdasarkan keterangan nilai sekolah pada pembelajran tahfidz Al-Qur’an yaitu pada interval 91- 100. 2) Waktu yang digunakan untuk pembelajaran tahfidznya yaitu 60 menit jika menggunakan metode Al-Qosimi yang direaktualisasikan dengan menggabungkan dengan metode menghafal yang lainnya maka metode Al-Qosimi tersebut menjadi sangat efektiv dalam meningkatkan hafalan siswa 3) Intensifitas guru dalam memotivasi belajar siswa pada pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an menggunakan metode Al-Qosimi telah terlaksana dengan baik yaitu guru menyampaikan kedudukan di sisi Allah yang sangat mulia untuk para penghafal Al-Qur’an, melakukan ice breaking, memberikan motivasi secara teori dan materi dan menyampaikan kelebihan penghafal Al-Qur’an, serta memberikan hukuman muroja’ah 4) Faktor pendukung agar proses pembelajaran tahfidz Al-Qur’an menggunakan metode Al-Qosimi berjalan lancar antara lain: faktor internal (minat dan usia siswa) dan eksternal (guru, orangtua, tempat belajar). en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Efektivitas en_US
dc.subject Metode Al-Qosimi en_US
dc.subject Hafalan Siswa en_US
dc.title EFEKTIVITAS METODE AL-QOSIMI DALAM MENINGKATKAN HAFALAN SISWA PADA PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QUR’AN DI SEKOLAH DASAR INTEGRAL LUQMAN AL-HAKIM PONTIANAK en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account