Abstract:
Saat ini, perkembangan ilmu dan teknologi berkembang sangat
pesat. Ditambah dengan kondisi pandemi covid-19 yang memaksa
kita untuk beraktifitas dirumah dan berkomunikasi secara daring
(online) kepada orang lain. Begitu juga dengan proses pembelajaran
yang biasanya terjadi di ruang kelas dan ada interaksi antara siswa
dan guru menjadi sangat terbatas. Sehingga menuntut proses
pembelajaran dilakukan secara daring juga. Dengan begitu, guru
dan siswa dituntut untuk menguasai TIK pada proses pembelajaran.
Dan juga menguasai berbagai platform maupun aplikasi, untuk
menunjang kegiatan belajar mengajar secara daring. Guru sebagai
pengajar juga mengusahakan agar proses pembelajaran tersebut tidak
membosankan. Salah satunya adalah penggunaan literasi digital.
Oleh karena itu, penulis ingin meneliti sejauh mana dampak literasi
digital keagamaan bagi peserta didik dalam memanfaatkan teknologi
informasi untuk proses pembelajaran dan penggunaan literasi digital
keagamaan di kelas X SMK SMTI Pontianak berpengaruh secara
signifikan terhadap motivasi dan minat belajar siswa pada materi
Dakwah Rasulullah saw.
Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kuantitatif
karena peneliti menggunakan data yang berupa angka sebagai alat
untuk menganalisis Sedangkan pendekatan yang digunakan didalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif karena analisis yang
digunakan untuk mengetahui keberadaan variabel mandiri, baik
hanya pada satu variabel atau lebih (variabel yang berdiri sendiri atau
bebas) tanpa membuat perbandingan dan mencari hubungan dengan
variabel lain.
Peneliti menggunakan kuesioner dengan skala Likert 1-5 untuk
mengumpulkan data untuk penyelidikan ini. Temuan penelitian
untuk masing-masing variabel selanjutnya akan dipresentasikan
oleh peneliti. Penggunaan literasi digital keagamaan pada pelajaaran
PAI mencapai nilai 75.44% dengan kategori baik. Literasi digital
keagamaan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap minat
belajar siswa kelas X di SMK SMTI Pontianak karena ditarik
kesimpulan bahwa t hitung < t tabel (-0.036 < 1.659) dan nilai
signifikansinya 0.710 > 0.05. Literasi digital keagamaan berpengaruh
secara signifikan terhadap motivasi belajar siswa kelas X di SMK
SMTI Pontianak karena ditarik kesimpulan bahwa t hitung > t tabel
(3.087 > 1.659) dan nilai signifikansinya 0.003 < 0.05
Berdasarkan hasil analisis data yang telah penulis lakukan
menggunakan SPSS 20 dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat
pengaruh yang signifikan antara literasi digital keagamaan terhadap
minat belajar siswa dan terdapat pengaruh yang signifikan antara
literasi digital keagamaan terhadap motivasi belajar siswa.