PENGARUH LITERASI DIGITAL KEAGAMAAN TERHADAP MOTIVASI DAN MINAT BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS X DI SMK SMTI PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Muttaqin, Imron
dc.contributor.advisor Mukti, Abdul
dc.contributor.author Fithriyanti, Fithriyanti
dc.date.accessioned 2023-09-14T07:58:03Z
dc.date.available 2023-09-14T07:58:03Z
dc.date.issued 2023-06
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3695
dc.description.abstract Saat ini, perkembangan ilmu dan teknologi berkembang sangat pesat. Ditambah dengan kondisi pandemi covid-19 yang memaksa kita untuk beraktifitas dirumah dan berkomunikasi secara daring (online) kepada orang lain. Begitu juga dengan proses pembelajaran yang biasanya terjadi di ruang kelas dan ada interaksi antara siswa dan guru menjadi sangat terbatas. Sehingga menuntut proses pembelajaran dilakukan secara daring juga. Dengan begitu, guru dan siswa dituntut untuk menguasai TIK pada proses pembelajaran. Dan juga menguasai berbagai platform maupun aplikasi, untuk menunjang kegiatan belajar mengajar secara daring. Guru sebagai pengajar juga mengusahakan agar proses pembelajaran tersebut tidak membosankan. Salah satunya adalah penggunaan literasi digital. Oleh karena itu, penulis ingin meneliti sejauh mana dampak literasi digital keagamaan bagi peserta didik dalam memanfaatkan teknologi informasi untuk proses pembelajaran dan penggunaan literasi digital keagamaan di kelas X SMK SMTI Pontianak berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi dan minat belajar siswa pada materi Dakwah Rasulullah saw. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kuantitatif karena peneliti menggunakan data yang berupa angka sebagai alat untuk menganalisis Sedangkan pendekatan yang digunakan didalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif karena analisis yang digunakan untuk mengetahui keberadaan variabel mandiri, baik hanya pada satu variabel atau lebih (variabel yang berdiri sendiri atau bebas) tanpa membuat perbandingan dan mencari hubungan dengan variabel lain. Peneliti menggunakan kuesioner dengan skala Likert 1-5 untuk mengumpulkan data untuk penyelidikan ini. Temuan penelitian untuk masing-masing variabel selanjutnya akan dipresentasikan oleh peneliti. Penggunaan literasi digital keagamaan pada pelajaaran PAI mencapai nilai 75.44% dengan kategori baik. Literasi digital keagamaan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap minat belajar siswa kelas X di SMK SMTI Pontianak karena ditarik kesimpulan bahwa t hitung < t tabel (-0.036 < 1.659) dan nilai signifikansinya 0.710 > 0.05. Literasi digital keagamaan berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi belajar siswa kelas X di SMK SMTI Pontianak karena ditarik kesimpulan bahwa t hitung > t tabel (3.087 > 1.659) dan nilai signifikansinya 0.003 < 0.05 Berdasarkan hasil analisis data yang telah penulis lakukan menggunakan SPSS 20 dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara literasi digital keagamaan terhadap minat belajar siswa dan terdapat pengaruh yang signifikan antara literasi digital keagamaan terhadap motivasi belajar siswa. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Literasi Digital en_US
dc.subject Motivasi en_US
dc.subject Minat en_US
dc.title PENGARUH LITERASI DIGITAL KEAGAMAAN TERHADAP MOTIVASI DAN MINAT BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS X DI SMK SMTI PONTIANAK en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account