Abstract:
Pembinaan dengan bimbingan peserta didik dengan latar
belakang psikologis dan sosial budaya yang berbeda dapat kita temukan
dalam pendidikan.Banyak faktor yang menghambat untuk mencapai
maksud dan tujuan pendidikan tersebut. Tujuan dalam penelitian ini
adalah : (1) mengetahui bimbingan guru PAI pada siswa di SD Negeri
08 Pontianak Utara, (2) mendapatkan aktivitas guru PAI padasiswa di
SD Negeri 08 Pontianak Utara.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi kasus
untuk mengungkap tentang kedisiplinan belajar siswa mata pelajaran
PAI di SD Negeri 08 Pontianak Utara yang bersifat kualitatif dengan
menggunakan pendekatan metode observasi, dokumentasi dan
wawancara mendalam. Observasi langsung digunakan guna mengkaji
sesuatu yang belum diketahui, belum difahami dan belum dikenal
dengan baik.Dokumentasi digunakan untuk mendapatkan dokumen dan
foto saat bimbingan yang behubungan dengan penelitian. Sedangkan
wawancara dilakukan guna mendapatkan informasi dari responden
yang menjadi pelaku langsung di lingkungan penelitian. Adapun
sumber data penelitian ini terdiri dari sumber data primer dan
sekunder.Data priemer diperoleh dari hasil observasi langsung yang
dilakukan saat meneliti di SD Negeri 08 Pontianak Utara.Sedangkan
data sekunder penelitian ini diperoleh dari hasil data wawancara
bimbingan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Bimbingan guru
dalam mengolah materi., (2) Bimbingan guru memilih metode, (3)
Bimbingan guru dalam menggunakan media pembelajaran, (4)
Bimbingan guru dalam meningkatkan minat belajar PAI.