Abstract:
Peran guru dalam proses belajar mengajar dijelaskan secara
rinci oleh kepala sekolah yang bertugas menyelenggarakan
pendidikan. Tugas kepala sekolah sebagai administrator adalah
mengawasi instruktur dan memastikan bahwa semua yang mereka
katakan dan lakukan sesuai . Tiga sekolah Madrasah Aliyah Negeri
Pontianak akan mendapatkan kuesioner berdasarkan google form
sebagai bagian dari pendekatan kuantitatif dan metodologi survei
penelitian ini (MAN 1, MAN 2, dan MAN 3).
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh
kepemimpinan kepala madrasah, motivasi kerja, dan kompetensi
guru terhadap kinerja guru di Madrasah Aliyah Negeri Se-Kota
Pontianak. Sampel penelitian adalah 136 guru Madrasah Aliyah
Negeri Se-Kota Pontianak. Analisis data dilakukan dengan bantuan
SmartPLS 3.2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan
kepala madrasah terhadap motivasi guru, kompetensi guru terhadap
kinerja guru, dan motivasi kerja guru terhadap kinerja guru
secara langsung berpengaruh signifikan. Sedangkan pengaruh
kepemimpinan kepala madrasah melalui kompetensi guru terhadap
kinerja guru berpengaruh positive dan signifikan. Kemudian pengaruh kepemimpinan kepala madrasah melalui motivasi guru
terhadap kinerja guru berpengaruh positive dan signifikan.