Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar peserta didik rata-rata masih
dibawah KKM yaitu 62,8 dengan ketetapan KKM 79. Karena itu, peneliti
mencoba strategi baru yaitu Guided Note Taking menggunakan Booklet dengan
tujuan untuk mengetahui efektivitas dari penerapan strategi Guided Note Taking
menggunakan media Booklet, hasil belajar peserta didik dan signifikansi pengaruh
dari penerapan strategi Guided Note Taking menggunakan media Booklet terhadap
hasil belajar mata pelajaran SKI materi Sejarah Perkembangan Islam Masa
Khulafaur Rasyidin di Kelas X MIPA MAN 1 Pontianak Tahun Ajaran
2022/2023.
Untuk mencapai tujuan di atas, penelitian ini menggunakan pendekatan
kuantitatif dengan jenis eksperimen (Randomized Solomon 4 Group Design).
Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain: 1) Tes, 2) Angket, dan 3)
Dokumentasi. Populasi dan sampel penelitian ini adalah kelas X MIPA MAN 1
Pontianak. Penelitian ini dinyatakan valid ( ) dan reliabel (0,706 >
0,60). Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah uji statistik (uji
normalitas, uji homogenitas dan uji MannWhitney) dengan aplikasi SPSS 22.
Hasil pengolahan data pada penelitian ini diperoleh sebagai berikut: 1) Total
akhir hasil respon angket dari dua kelas eksperimen adalah 72,5% dengan respon
positif, 2) Hasil rata-rata kelas eksperimen adalah 87,68 dan 83,68 dengan
kategori baik, sedangkan kelas kontrol adalah 73,53 dan 77,14 dengan kategori
kurang baik, dan 3) Hasil uji normalitas dan homogenitas dinyatakan tidak
normalitas (sig. < 0,05) dan tidak homogen (0,00 < 0,05). Maka dilakukan uji
MannWhitney, hasilnya adalah Asymp. Sig. (2-tailed) 0,00 < 0,05 dan ditolak.
Berdasarkan hasil pengolahan data tersebut, maka dapat disimpulkan sebagai
berikut: 1) Strategi yang diterapkan efektif dengan respon positif sebesar 72,5%,
2) Terdapat perubahan dan peningkatan hasil belajar dengan penerapan strategi
Guided Note Taking menggunakan Booklet, dan 3) Berdasarkan uji
MannWhitney, maka dapat dinyatakan bahwa “terdapat pengaruh yang signifikan
dari penerapan strategi Guided Note Taking menggunakan media Booklet
terhadap hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam di MAN 1 Pontianak Tahun
Ajaran 2022/2023”.