PENGARUH STRATEGI GUIDED NOTE TAKING MENGGUNAKAN MEDIA BOOKLET TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MAN 1 PONTIANAK TAHUN AJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Atmaja, Dwi Surya
dc.contributor.advisor Wahidah, Andina Nurul
dc.contributor.author Nurhafuza, Tri
dc.date.accessioned 2023-09-14T01:18:35Z
dc.date.available 2023-09-14T01:18:35Z
dc.date.issued 2023-04
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3681
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar peserta didik rata-rata masih dibawah KKM yaitu 62,8 dengan ketetapan KKM 79. Karena itu, peneliti mencoba strategi baru yaitu Guided Note Taking menggunakan Booklet dengan tujuan untuk mengetahui efektivitas dari penerapan strategi Guided Note Taking menggunakan media Booklet, hasil belajar peserta didik dan signifikansi pengaruh dari penerapan strategi Guided Note Taking menggunakan media Booklet terhadap hasil belajar mata pelajaran SKI materi Sejarah Perkembangan Islam Masa Khulafaur Rasyidin di Kelas X MIPA MAN 1 Pontianak Tahun Ajaran 2022/2023. Untuk mencapai tujuan di atas, penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen (Randomized Solomon 4 Group Design). Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain: 1) Tes, 2) Angket, dan 3) Dokumentasi. Populasi dan sampel penelitian ini adalah kelas X MIPA MAN 1 Pontianak. Penelitian ini dinyatakan valid ( ) dan reliabel (0,706 > 0,60). Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah uji statistik (uji normalitas, uji homogenitas dan uji MannWhitney) dengan aplikasi SPSS 22. Hasil pengolahan data pada penelitian ini diperoleh sebagai berikut: 1) Total akhir hasil respon angket dari dua kelas eksperimen adalah 72,5% dengan respon positif, 2) Hasil rata-rata kelas eksperimen adalah 87,68 dan 83,68 dengan kategori baik, sedangkan kelas kontrol adalah 73,53 dan 77,14 dengan kategori kurang baik, dan 3) Hasil uji normalitas dan homogenitas dinyatakan tidak normalitas (sig. < 0,05) dan tidak homogen (0,00 < 0,05). Maka dilakukan uji MannWhitney, hasilnya adalah Asymp. Sig. (2-tailed) 0,00 < 0,05 dan ditolak. Berdasarkan hasil pengolahan data tersebut, maka dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Strategi yang diterapkan efektif dengan respon positif sebesar 72,5%, 2) Terdapat perubahan dan peningkatan hasil belajar dengan penerapan strategi Guided Note Taking menggunakan Booklet, dan 3) Berdasarkan uji MannWhitney, maka dapat dinyatakan bahwa “terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan strategi Guided Note Taking menggunakan media Booklet terhadap hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam di MAN 1 Pontianak Tahun Ajaran 2022/2023”. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Strategi Guided Note Taking en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.subject Mata Pelajaran SKI en_US
dc.title PENGARUH STRATEGI GUIDED NOTE TAKING MENGGUNAKAN MEDIA BOOKLET TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MAN 1 PONTIANAK TAHUN AJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account