Abstract:
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: 1) proses internalisasi nilai-nilai
pendidikan Islam dalam pembelajaran Sejarah Kebudyaan Islam berbasis kearifan lokal
pada siswa kelas IX di MTs Negeri 2 Pontianak; 2) nilai-nilai pendidikan Islam yang
diinternalisasikan dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam berbasis kearifan lokal
pada siswa kelas IX di MTs Negeri 2 Pontianak; 3) faktor pendukung dan faktor
penghambat dalam internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam dalam pembelajaran Sejarah
Kebudayaan Islam berbasis kearifan lokal pada siswa kelas IX di MTs Negeri 2
Pontianak.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi
kasus. Sumber data penelitian ini terdiri dari sumber primer dan sumber sekunder, yaitu:
1) Sumber primer adalah guru SKI kelas IX dan siswa kelas IX MTs Negeri 2 Pontianak;
2) sumber sekunder berupa dokumen penelitian terdahulu dan jurnal penelitian. Teknik
pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi.
Sedangkan teknik analisis datanya peneliti menggunakan prosedur reduksi data,
penyajian data, dan verifikasi data.
Berdasarkan pada analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa
internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam
berbasis kearifan lokal pada siswa kelas IX di MTs Negeri 2 Pontianak bertujuan untuk
menumbuhkan karakter dan kepribadian Islami berdasarkan nilai-nilai pendidikan Islam
yakni nilai akidah, nilai ibadah dan nilai akhlak. Kegiatan tersebut dilakukan setiap hari
dilingkungan Madrasah melalui beberapa metode yakni pengajaran, keteladanan,
pembiasaan, pemotivasian dan penegakkan aturan. Adapun faktor pendukung dalam
internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam
pada siswa di MTs Negeri 2 Pontianak diantaranya faktor guru, lingkungan keluarga,
sekolah, masyarakat, sarana dan prasarana. Sedangkan faktor penghambatnya yakni
faktor kepribadian siswa, lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat, sarana dan
prasarana.