INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA SISWA KELAS IX DI MTs NEGERI 2 PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Erwin, Erwin
dc.contributor.advisor Abdullah, Faisal
dc.contributor.author Syawaludin, Syawaludin
dc.date.accessioned 2023-09-14T01:02:25Z
dc.date.available 2023-09-14T01:02:25Z
dc.date.issued 2023-04
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3680
dc.description.abstract Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: 1) proses internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam dalam pembelajaran Sejarah Kebudyaan Islam berbasis kearifan lokal pada siswa kelas IX di MTs Negeri 2 Pontianak; 2) nilai-nilai pendidikan Islam yang diinternalisasikan dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam berbasis kearifan lokal pada siswa kelas IX di MTs Negeri 2 Pontianak; 3) faktor pendukung dan faktor penghambat dalam internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam berbasis kearifan lokal pada siswa kelas IX di MTs Negeri 2 Pontianak. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Sumber data penelitian ini terdiri dari sumber primer dan sumber sekunder, yaitu: 1) Sumber primer adalah guru SKI kelas IX dan siswa kelas IX MTs Negeri 2 Pontianak; 2) sumber sekunder berupa dokumen penelitian terdahulu dan jurnal penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya peneliti menggunakan prosedur reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Berdasarkan pada analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam berbasis kearifan lokal pada siswa kelas IX di MTs Negeri 2 Pontianak bertujuan untuk menumbuhkan karakter dan kepribadian Islami berdasarkan nilai-nilai pendidikan Islam yakni nilai akidah, nilai ibadah dan nilai akhlak. Kegiatan tersebut dilakukan setiap hari dilingkungan Madrasah melalui beberapa metode yakni pengajaran, keteladanan, pembiasaan, pemotivasian dan penegakkan aturan. Adapun faktor pendukung dalam internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam pada siswa di MTs Negeri 2 Pontianak diantaranya faktor guru, lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat, sarana dan prasarana. Sedangkan faktor penghambatnya yakni faktor kepribadian siswa, lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat, sarana dan prasarana. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Internalisasi en_US
dc.subject Nilai-nilai Pendidikan Islam en_US
dc.subject Kearifan Lokal en_US
dc.title INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA SISWA KELAS IX DI MTs NEGERI 2 PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account