Abstract:
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengungkapkan penanaman nilai
karakter tanggung jawab melalui kegiatan muhadharah di MTs TI AlMadani Pontianak yang terdiri dari: 1) Tahap transformasi nilai karakter
tanggung jawab melalui kegiatan muhadharah di MTs TI Al-Madani
Pontianak; 2) Tahap transaksi nilai karakter tanggung jawab melalui
kegiatan muhadharah di MTs TI Al-Madani Pontianak; 3) Tahap
Transinternalisasi nilai karakter tanggung jawab melalui kegiatan
muhadharah di MTs TI Al-Madani Pontianak.
Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Sumber data penelitian ini
terdiri dari sumber primer dan sumber sekunder, yaitu: 1) Sumber primer
adalah guru pembimbing muhadharah; 2) Sumber sekunder adalah Kepala
Sekolah dan siswa kelas VIII A MTs TI Al-Madani Pontianak. Teknik yang
digunakan untuk mengumpulkan data adalah teknik observasi, wawancara,
dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis datanya peneliti
menggunakan analisis model interaktif.
Berdasarkan pada analisis yang dilakukan, maka peneliti
menyimpulkan bahwa: 1) tahap transformasi nilai dalam penanaman nilai
karakter tanggung jawab yang dilakukan oleh guru pembimbing
muhadharah dengan menginformasikan nilai-nilai yang baik dan kurang
baik kepada peserta didik; 2) tahap transaksi nilai bersifat dua arah dan
timbal balik seperti yang dilakukan oleh guru pembimbing yaitu kegiatan
tanya jawab pada peserta didik dalam proses evaluasi muhadharah 3) tahap
transinternalisasi yang terdiri dari menyimak, yaitu siswa bersedia merespon
nilai-nilai yang diberikan oleh guru pembimbingnya, kemudian
menanggapi, yaitu peserta didik dapat merespon terhadap nilai-nilai atau
tugas yang diberikan guru pembimbingnya. lalu masuk pada tahap memberi
nilai, yaitu peserta didik mampu memberikan makna baru terhadap nilainilai yang ia terima dan ia yakini kebenarannya, kemudian mengorganisasi
nilai, yaitu peserta didik mampu mengorganisir diri mereka pada kegiatan
muhadharah ketika tidak ada guru yang mendampingi, kemudian yang
terakhir ialah karakteristik nilai, yaitu peserta didik terbiasa memiliki sikap
tanggung jawab ketika teman sekelasnya tidak dapat bertugas.