Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran guru pendidikan
agama Islam dalam meningkatkan sikap religius siswa di SMA Negeri 1 Pemangkat
Kabupaten Sambas. Fokus tersebut kembali dijabarkan pada pertanyaan: 1.
Bagaimana peran guru pendidikan agama Islam dalam mendidik sikap religius
siswa. 2. Bagaimana peran guru pendidikan agama Islam dalam membimbing sikap
religius siswa. 3. Bagaimana peran guru pendidikan agama Islam dalam memotivasi
sikap religius siswa. 4. Bagaimana peran guru pendidikan agama Islam dalam
menasehati sikap religius siswa.
Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif menggunakan
teknik analisis deskripsi kualitatif untuk mengembangkan data yang sudah
diperoleh sebagaimana adanya tanpa maksud membuat kesimpulan yang berbeda
untuk umum, data yang diperoleh oleh peneliti dari hasil observasi, wawancara dan
dokumentasi. Peneliti berusaha untuk mendeskripsikan peran guru pendidikan
agama Islam dalam meningkatkan sikap religius pada siswa di SMA Negeri 1
Pemangkat Kabupaten Sambas Tahun Pelajaran 2022-2023.
Berdasarkan persoalan dan pembahasan data, dapat disimpulkan bahwa: 1)
Dalam meningkatkan sikap religius pada perserta didik, menggunakan metode yang
bervariasi agar siswa dapat mudah memahami pesan guru pendidikan agama Islam
yang telah disampaikan. 2) Dalam membimbing siswa dalam belajar dan
mengembangkan potensi, dan membimbing perserta didik untuk mempunyai sikap
religius yang baik seperti bertakwa, sabar, tawakal, bersyukur, dan juga berakhlakul
karimah yang baik. 3) Memberikan motivasi yang baik pada siswa untuk
membiasakan memiliki sikap religius dengan memberikan semangat dalam
membangkitkan semangat keagamaan yang baik bagi perserta didik agar lebih
termotivasi dalam meningkatkan sikap religusnya. 4) Sebagai guru pendidikan
agama Islam dalam memberikan nasehat kepada perserta didik dalam hal
meningkatkan sikap religus pada perserta didik dengan cara penanaman nilai-nilai
yang baik.