Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum terpenuhi langkah-langkah
kegiatan pembelajaran. Sehingga peneliti menemukan fakta di lapangan bahwa
terkait metode yang digunakan oleh guru kurang efektif, hal ini ditunjukkan dari
peserta didik yang kurang memperhatikan penjelasan dari guru dan menurunnya
motivasi belajar serta tidak fokus dalam pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1. Kompetensi Pedagogik
Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam Melaksanakan Kegiatan
Awal Pembelajaran Pada Kelas V di Sekolah Dasar Sekecamatan Sukadana
Kabupaten Kayong Utara Tahun Pelajaran 2022/2023 Kurikulum 2013. 2.
Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam
Melaksanakan Kegiatan Inti Pembelajaran Pada Kelas V di Sekolah Dasar
Sekecamatan Sukadana Kabupaten Kayong Utara Tahun Pelajaran 2022/2023
Kurikulum 2013. 3. Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam dan
Budi Pekerti dalam Melaksanakan Kegiatan Akhir Pembelajaran Pada Kelas V di
Sekolah Dasar Sekecamatan Sukadana Kabupaten Kayong Utara Tahun Pelajaran
2022/2023 Kurikulum 2013.
Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif, metode Deskriptif. Subjek
dalam penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas
V Sekolah Dasar Sekecamatan Sukadana Kabupaten Kayong Utara. Teknik
pengumpulan data berupa observasi dan dokumentasi. Teknik analisis dalam
penelitian ini adalah kuantitatif.
Berdasarkan hasil penelitian dan data yang diperoleh, peneliti
menyimpulkan bahwa: 1) Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam
Dan Budi Pekerti Dalam Membuka Pembelajaran Di Kelas V Sekolah Dasar
Sekecamatan Sukadana Kabupaten Kayong Utara Tahun Pelajaran 2022/2023
Kurikulum 2013 dapat dikategorikan “terampil” karena diperoleh nilai 63,23. 2)
Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Dalam
Melaksanakan Kegiatan Inti Pembelajaran Di Kelas V Sekolah Dasar Sekecamatan
Sukadana Kabupaten Kayong Utara Tahun Pelajaran 2022/2023 Kurikulum 2013
dapat dikategorikan “kurang terampil” karena diperoleh nilai 33,84. 3) Kompetensi
Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Dalam Menutup
Pembelajaran Di Kelas V Sekolah Dasar Sekecamatan Sukadana Kabupaten
Kayong Utara Tahun Pelajaran 2022/2023 Kurikulum 2013 dapat dikategorikan
“terampil” karena diperoleh nilai 61,07