Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan peneliti
terhadap kemampuan TI (Teknologi Informasi) guru PAI dalam
pelaksanaan pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru di
Perguruan Muhammadiyah Kota Baru. Adapun tujuan penelitian ini
untuk mendeskripsikan kemampuan guru PAI dalam menggunakan
teknologi informasi berupa hardware, software dan sebagai
pengguna (brainware) saat melaksanakan pembelajaran.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan
pendekatan kuantitatif dan didukung pendekatan kualitatif. Subjek
penelitian adalah guru PAI sebanyak 3 guru tingkat SMA
Muhammadiyah 2 Pontianak dan SMK Muhammadiyah 2
Pontianak. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi,
wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan
analisis kuantitatif dan kualitatif. Analisis kuantitatif menggunakan
statistik deskriptif. Analisis kualitatif meliputi reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data
menggunakan teknik triangulasi.
Berdasarkan hasil penelitian dan data yang diperoleh maka
peneliti menyimpulkan bahwa: 1) kemampuan guru PAI
menggunakan hardware dalam pembelajaran di SMA
Muhammadiyah 2 Pontianak dan SMK Muhammadiyah 2 Pontianak
Tahun Pelajaran 2022/2023 dapat dikategorikan “cukup baik”,
karena memperoleh hasil penelitian 47%; 2) kemampuan guru PAI
menggunakan software dalam pembelajaran di SMA
Muhammadiyah 2 Pontianak dan SMK Muhammadiyah 2 Pontianak
Tahun Ajaran 2022/2023 dapat dikategorikan “kurang baik”,
karena memperoleh hasil penelitian 35%; 3) kemampuan guru PAI
menggunakan brainware dalam pembelajaran di SMA
Muhammadiyah 2 Pontianak dan SMK Muhammadiyah 2 Pontianak
Tahun Pelajaran 2022/2023 dapat dikategorikan “baik”, karena
memperoleh hasil penelitian 80%.