Abstract:
Peran guru Pendidikan Agama Islam sebagaimana dalam peraturan Menteri
Agama RI Nomor 16 Tahun 2010 tentang “Pengelola pendidikan agama pada
sekolah, dalam pasal 1 ayat 7 menyatakan bahwa, guru pendidikan agama adalah
pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing,
mengarahkan, melatih, memberi tauladan, menilai, dan mengevaluasi peserta
didik”.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan: 1)
kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik kelas XI SMA Islamiyah Pontianak;
2) peran guru PAI sebagai pembimbing; 3) peran guru PAI sebagai fasilitator; 4)
peran guru PAI sebagai motivator; dan 5) peran guru PAI sebagai pelatih. Jenis
penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif kerena penelitian ini berusaha
mendapatkan dan memahami segala hal yang dialami subjek penelitian, dengan
data yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Sumber data penelitian ini terdiri dari sumber data primer dan sumber data
sekunder, yaitu: 1) Sumber data primer adalah guru pendidikan agama Islam dan
peserta didik; 2) Sumber data sekunder adalah diperoleh dari dokumentasi yaitu:
(1) observasi prapenelitian; (2) observasi lingkungan sekolah; (3) peran guru
pendidikan agama Islam; (4) tes kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik; (5)
dokumentasi wawancara guru PAI dan peserta didik. Instrumen penelitian berupa
pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi.
Berdasarkan analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa:
1) kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik kelas XI SMA Islamiyah
Pontianak sudah mampu dalam membaca Al-Qur’an. Dikategorikan sudah mampu
dalam membaca Al-Qur’an sesuai dengan makharijul huruf, tanda baca (harakat),
mad thabi’i (mad asli), hukum nun sukun dan tanwin, serta qalqalah dalam
membaca Al-Qur’an; 2) peran guru PAI untuk meningkatkan kemampuan
membaca Al-Qur’an peserta didik kelas XI SMA Islamiyah Pontianak, yaitu: guru
sebagai pembimbing, guru sebagai fasilitator, guru sebagai motivator, dan guru
sebagai pelatih.