PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMA ISLAMIYAH PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Ma'ruf, Ma'ruf
dc.contributor.advisor Abdullah, Faisal
dc.contributor.author Idafi, Anggirialdi
dc.date.accessioned 2023-09-11T01:10:28Z
dc.date.available 2023-09-11T01:10:28Z
dc.date.issued 2023-04
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3648
dc.description.abstract Peran guru Pendidikan Agama Islam sebagaimana dalam peraturan Menteri Agama RI Nomor 16 Tahun 2010 tentang “Pengelola pendidikan agama pada sekolah, dalam pasal 1 ayat 7 menyatakan bahwa, guru pendidikan agama adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, memberi tauladan, menilai, dan mengevaluasi peserta didik”. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan: 1) kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik kelas XI SMA Islamiyah Pontianak; 2) peran guru PAI sebagai pembimbing; 3) peran guru PAI sebagai fasilitator; 4) peran guru PAI sebagai motivator; dan 5) peran guru PAI sebagai pelatih. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif kerena penelitian ini berusaha mendapatkan dan memahami segala hal yang dialami subjek penelitian, dengan data yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini terdiri dari sumber data primer dan sumber data sekunder, yaitu: 1) Sumber data primer adalah guru pendidikan agama Islam dan peserta didik; 2) Sumber data sekunder adalah diperoleh dari dokumentasi yaitu: (1) observasi prapenelitian; (2) observasi lingkungan sekolah; (3) peran guru pendidikan agama Islam; (4) tes kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik; (5) dokumentasi wawancara guru PAI dan peserta didik. Instrumen penelitian berupa pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi. Berdasarkan analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa: 1) kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik kelas XI SMA Islamiyah Pontianak sudah mampu dalam membaca Al-Qur’an. Dikategorikan sudah mampu dalam membaca Al-Qur’an sesuai dengan makharijul huruf, tanda baca (harakat), mad thabi’i (mad asli), hukum nun sukun dan tanwin, serta qalqalah dalam membaca Al-Qur’an; 2) peran guru PAI untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik kelas XI SMA Islamiyah Pontianak, yaitu: guru sebagai pembimbing, guru sebagai fasilitator, guru sebagai motivator, dan guru sebagai pelatih. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Peran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) en_US
dc.subject Kemampuan membaca Al-Qur’an en_US
dc.subject Peserta didik en_US
dc.title PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMA ISLAMIYAH PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account