Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi, TPQ Nurul Hidayah berdiri tahun
2019 yang memiliki banyak peserta didik sehingga TPQ kekurangan ruangan
kelas untuk proses belajar mengajar. Tahun 2021 TPQ memiliki penurunan
pada peserta didik, guru yang kurang disiplin dalam absensi serta tidak
konsistennya seorang guru selama mengajar. Tahun 2022 TPQ kembali ramai
seperti ditahun awal berdirinya, guru yang menetap, memiliki bangunan baru,
menggunakan metode Qur’ana, dan adanya penambahan ekstrakulikuler
pencak silat.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan:(1) Perencanaan;
(2) Pengorganisasian; (3) Pelaksanaan; (4) Monitoring dan Evaluasi di
Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Nurul Hidayah Desa Kuala
Dua.Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode
deskriptif. Adapun Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer yang
terdiri pimpinan TPQ, pengajar, santri, dan wali santri. Sedangkan data
sekunder terdiri dari informasi-informasi dan dokumentasi yang diperoleh
dalam kegiatan TPQ. Teknik pengumpulan data menggunakan metode
observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan
reduksi data, penyajian data dan penarikan atau kesimpulan. Tahap terakhir
yang dilakukan adalah teknik pemeriksanaan keabsahan data dengan
menggunakan perpanjangan pengamatan, triangulasi dan membercheck.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan di Taman
Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Nurul Hidayah ada 7: (1) menetapkan visi misi
tujuan dan strategi TPQ. (2) merencanakan program TPQ. (3) merencanakan
prosedur penerimaan santri. (4) perencanaan guru sebelum mengajar. (5)
perencanaan pembagian kategori santri. (6) perencanaan kegiatan Majlis
Ta’lim. (7) perencanaan kegiatan olahraga pencak silat. Pengorganisasian
TPQ, struktur kepengurusan, ada pembina, ketua yayasan, sekertaris,
bendahara dan tenaga pengajar. Pelaksanaan di TPQ: yang pertama, kegiatan
TPQ pagi. Kedua, kegiatan TPQ siang atau sore. Ketiga, kegiatan TPQ
malam. Keempat, kegiatan Majlis Ta’lim Ibu-ibu. kelima, kegiatan pencak
silat. Monitoring dan Evaluasi di TPQ, (1) monitoring atau pengawasan
dilakukan setiap kegiatan berlangsung, ada pengawasan langsung dan
pengawasan tidak langsung. (2) evaluasi yang dilaksanakan setiap akhir
kegiatan atau mingguan, evaluasi bersama guru setiap akhir bulan, evaluasi
bersama orang tua santri yang dilaksanakan setahun dua kali setiap akhir
semester.