MANAJEMEN TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (TPQ) NURUL HIDAYAH DESA KUALA DUA

Show simple item record

dc.contributor.advisor Cucu, Cucu
dc.contributor.advisor Wardi, Suhra
dc.contributor.author Amala, Nurul
dc.date.accessioned 2023-09-08T01:33:51Z
dc.date.available 2023-09-08T01:33:51Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3641
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi, TPQ Nurul Hidayah berdiri tahun 2019 yang memiliki banyak peserta didik sehingga TPQ kekurangan ruangan kelas untuk proses belajar mengajar. Tahun 2021 TPQ memiliki penurunan pada peserta didik, guru yang kurang disiplin dalam absensi serta tidak konsistennya seorang guru selama mengajar. Tahun 2022 TPQ kembali ramai seperti ditahun awal berdirinya, guru yang menetap, memiliki bangunan baru, menggunakan metode Qur’ana, dan adanya penambahan ekstrakulikuler pencak silat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan:(1) Perencanaan; (2) Pengorganisasian; (3) Pelaksanaan; (4) Monitoring dan Evaluasi di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Nurul Hidayah Desa Kuala Dua.Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Adapun Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer yang terdiri pimpinan TPQ, pengajar, santri, dan wali santri. Sedangkan data sekunder terdiri dari informasi-informasi dan dokumentasi yang diperoleh dalam kegiatan TPQ. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan atau kesimpulan. Tahap terakhir yang dilakukan adalah teknik pemeriksanaan keabsahan data dengan menggunakan perpanjangan pengamatan, triangulasi dan membercheck. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Nurul Hidayah ada 7: (1) menetapkan visi misi tujuan dan strategi TPQ. (2) merencanakan program TPQ. (3) merencanakan prosedur penerimaan santri. (4) perencanaan guru sebelum mengajar. (5) perencanaan pembagian kategori santri. (6) perencanaan kegiatan Majlis Ta’lim. (7) perencanaan kegiatan olahraga pencak silat. Pengorganisasian TPQ, struktur kepengurusan, ada pembina, ketua yayasan, sekertaris, bendahara dan tenaga pengajar. Pelaksanaan di TPQ: yang pertama, kegiatan TPQ pagi. Kedua, kegiatan TPQ siang atau sore. Ketiga, kegiatan TPQ malam. Keempat, kegiatan Majlis Ta’lim Ibu-ibu. kelima, kegiatan pencak silat. Monitoring dan Evaluasi di TPQ, (1) monitoring atau pengawasan dilakukan setiap kegiatan berlangsung, ada pengawasan langsung dan pengawasan tidak langsung. (2) evaluasi yang dilaksanakan setiap akhir kegiatan atau mingguan, evaluasi bersama guru setiap akhir bulan, evaluasi bersama orang tua santri yang dilaksanakan setahun dua kali setiap akhir semester. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Manajemen en_US
dc.subject Taman Pendidikan Al-Qur’an en_US
dc.subject Nurul Hidayah en_US
dc.title MANAJEMEN TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (TPQ) NURUL HIDAYAH DESA KUALA DUA en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account