Abstract:
Penelitian ini mengakaji pendapatan jasa usaha laundry dengan strategi
promosi direct selling untuk meningkatkan kepercayaan dan loyalitas pelanggan.
Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis dan mengetahui: 1) Pengaruh
promosi direct selling secara parsial terhadap pendapat di Mbok Laundry, 2)
Pengaruh strategi kepercayaan pelanggan secara parsial terhadap pendapatan di
Mbok Laundry. 3) Pengaruh loyalitas pelanggan secara parsial terhadap pendapatan
di Mbok Laundry. 4) Pengaruh promosi direct selling, kepercayaan pelanggan, dan
loyalitas pelanggan secara stimultan terhadap pendapatan di Mbok Laundry.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan
kuantitatif dengan metode penelitian deskriptif. Penentuan jumlah sampel
dilakukan dengan menggunakan Rumus Slovin dan jumlah sampel yang digunakan
sebanyak 58 responden.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: 1) Variabel direct selling
berpengaruh secara parsial terhadap pendapatan di Mbok Laundry dengan nilai sig
sebesar 0,000<0,05 dan diperoleh koefisien sebesar 0,189. 2) Variabel kepercayaan
pelanggan berpengaruh secara parsial terhadap pendapatan di Mbok Laundry
dengan nilai sig sebesar 0,003<0,05 dan diperoleh koefisien sebesar 0,032. 3)
Variabel loyalitas pelanggan berpengaruh secara parsial terhadap pendapatan di
Mbok Laundry dengan nilai sig sebesar 0,000<0,05 dan diperoleh koefisien sebesar
0,192. 4) Variabel direct selling, kepercayaan pelanggan, dan loyalitas pelanggan
berpengaruh secara stimultan terhadap pendapatan di Mbok Laundry dengan nilai
sig sebesar 0,000<0,05.