Abstract:
Penelitian ini membahas tentang strategi penjualan pada Kins Noodle di
Kabupaten Ketapang. Tujuan penelitan ini adalah untuk mengetahui bagaimana
strategi penjualan yang dilakukan pada Kedai Kins Noodle dan untuk mengetahui
bagaimana hambatan strategi penjualan pada Kedai Kins Noodle.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif.
Pengumpulan data yang dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi
data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi dan member check. Data yang
diperoleh adalah hasil wawancara peneliti bersama pemilik dan karyawan kedai
Kins Noodle. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Delta Pawan, Kabupaten
Ketapang, Provinsi Kalimanan Barat.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) Kedai Kins Noodle
menggunakan strategi penjualan yang terdiri dari Iklan (advertising), Penjualan
tatap muka (personal selling), Publisitas (publicity), Promosi Penjualan dan Direct
Marketing. Hal tersebut cukup berpengaruh signifikan terhadap penjualan pada
kedai Kins Noodle. 2) Hambatan yang terjadi saat melakukan penjualan yaitu dari
segi internal dan eksternal.