Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk menganalisis pengaruh inovasi
produk terhadap loyalitas pelanggan pada Japanese Pancake di Kota Pontianak. (2)
Untuk menganalisis pengaruh labelisasi halal terhadap loyalitas pelanggan pada
Japanese Pancake di Kota Pontianak. (3) Untuk menganalisis pengaruh inovasi
produk dan labelisasi halal terhadap loyalitas pelanggan pada Japanese Pancake di
Kota Pontianak.
Pendekatan penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan jenis
penelitian berupa jenis asosiatif dengan sampel sebanyak 100 responden atau
pelanggan yang ada di Japanese Pancake Kota Pontianak. Teknik pengumpulan
data menggunakan kuesioner dengan menggunakan metode skala likert. Teknik
analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji instrumen penelitian, uji
asumsi klasik, dan analisis regresi linear berganda.
Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa inovasi produk berpengaruh positif
dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, labelisasi halal berpengaruh positif dan
signifikan terhadap loyalitas pelanggan, kemudian inovasi produk dan labelisasi
halal secara bersama-sama atau simultan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan.