Abstract:
Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui optimalisasi peran
media sosial pada usaha Tahu Walik Abiy sebagai alat pemasaranya dalam
mengembangkan usahanya, untuk mengetahui peran media sosial dalam
pengembangan usaha Tahu Walik Abiy, dan untuk mengetahui strategi
pemasaran media sosial dalam meningkatkan usaha Tahu Walik Abiy.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode
deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data primer berupa
pengamatan langsung serta wawancara narasumber yaitu admin dan karyawan
Tahu Walik Abiy. Sedangkan teknik pengumpulan data adalah dengan cara
observasi, wawancara, dan dokumentasi, yang kemudian data dianalisis dengan
teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data pada
akhrinya akan di uji keabsahanya dengan teknik triangulasi data dan member
check.
Hasil penelitian ini dapat di simpulkan, bahwasanya penggunaan media
sosial pada Tahu Walik Abiy dapat dikatakan optimal. Optimalisasi ini
dilakukan dengan mengoptimalkan media sosial pada usaha Tahu Walik Abiy
yang terdiri dari konsistensi, fokus pada salah satu media sosial dan beri
sentuhan personal pada setiap konten media sosial. Peran media sosial dalam
pengembangan usaha Tahu Walik Abiy terdiri dari media pemasaran usaha,
peningkatan kesadaran brand, peningkatan potential buyer, media promosi yang
efektif, menggali informasi, media sosial membantu menemukan konsumen
baru dan memperluas target pasar, mengembangan target pasar dan selangkah
lebih maju dari competitor, media sosial dapat membagikan informasi dengan
cepat, dan media sosial meningkatkan brand awarnness dan promosi dengan
biaya yang minim. Strategi pemasaran media sosial dalam meningkatkan usaha
Tahu Walik Abiy terdiri dari strategi media sosial marketing dengan
membangun kredibilitas, membuat konten yang valuable dan menggunakan
gambar yang menarik.