Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi yang
digunakan oleh marketing communication Gaia Bumi Raya City terhadap
traffic pengunjung dan adakah peningkatan traffic pengunjung setelah
dilakukannya strategi marketing communication Gaia Bumi Raya City
tersebut.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber
data dalam penelitian ini adalah Marketing Communication Manager Gaia
Bumi Raya City, Operational Manager Gaia Bumi Raya City, Supervisor
Loyalty Gaia Bumi Raya City, Supervisor Event & Promotion, dan Public
Relations Gaia Bumi Raya City sebagai data primer. Data sekunder di dalam
penelitian ini dokumentasi Instagram @gaiabumirayacity, weekly report
Marcomm, Website www.gaiabumirayacity.com, foto dan data traffic
pengunjung yang berkaitan dengan strategi marketing communication Gaia
Bumi Raya City. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,
wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan
dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, display data, dan
penarikan kesimpulan. Sedangkan teknik keabsahan data yang digunakan
adalah perpanjangan keikutsertaan, triangulasi, dan member check.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi marketing
communication Gaia Bumi Raya City dalam meningkatkan traffic
pengunjung selama periode Juli-Desember 2022 menggunakan 5 strategi
yaitu public relation, personal selling, event, promotion dan Loyalty.
Kemudian ditemukan bahwa setelah 5 strategi tersebut dijalankan terjadi
peningkatan traffic pengunjung rata-rata 30% setiap bulannya, namun ada
satu strategi dalam public relation yang kurang menarik pengunjung yaitu
live Instagram, penyebabnya yaitu kualitas video dan daya tarik followers
yang masih kurang. Penelitian ini masih di permukaan tentang Gaia Bumi
Raya City, oleh karenanya peneliti meyarankan agar ada peneliti yang terus
meneliti terkait marketing communication di Gaia Bumi Raya City, masih ada
banyak keilmuan komunikasi yang bisa diulik bagi mahasiswa komunikasi
baik Public Relations, Journalist maupun Broadcast.