Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) bagaimana
perencanaan dalam strategi pengelolaan media sosial instagram Gaia Bumi
Raya City sebagai digital marketing pada akun @gaiabumirayacity; 2)
bagaimana pelaksanaan strategi pengelolaan media sosial instagram Gaia Bumi
Raya City sebagai digital marketing pada akun @gaiabumirayacity; 3)
bagaimana evaluasi dan hasil dari strategi pengelolaan media sosial instagram
Gaia Bumi Raya City sebagai digital marketing pada akun @gaiabumirayacity.
Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode
deskriptif. Lokasi penelitian Gaia Bumi Raya City. Sumber data penelitian ini
terdiri dari sumber primer dan sekunder, yaitu: 1) Sumber primer adalah
Marketing Communication Manager dan staff Public Relation & Digital
Marketing; 2) Sumber sekunder adalah data yang diperoleh dari dokumen
berupa file, powepoint, struktur dan foto. Teknik pengumpulan data yaitu
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan
ialah, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik
pemeriksaan keabsahan data yang dilakukan adalah triangulasi dan member
check.
Berdasarkan pada hasil penelitian menunjukan bahwa strategi
pengelolaan media sosial dilakukan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan,
dan pengawasan. Adapun tahapan yang dilakukan dalam perencanaan yaitu,
situations analysis, objective, dan strategy. Dalam tahap pelaksanaannya tim
marketing communications melakukan proses tactic dan action. Tahap yang
terakhir pengawasan dengan proses controlling.