Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui strategi
positioning PT Cepat Versi Arli Kota Singkawang dalam meningkatkan
penjualan. 2) Untuk mengetahui strategi difeerentiation PT Cepat Versi Arli
Kota Singkawang dalam meningkatkan penjualan. 3) Untuk mengetahui
strategi brand seperti apa yang dilakukan PT Cepat Versi Arli Kota
Singkawang dalam meningkatkan penjualan.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik
pengumpulan data penelitian menggunakan teknik wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Dan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan.
Hasil dan kesimpulan yang didapat dari data yang diperoleh
menunjukkan bahwa: 1) Strategi positioning PT Cepat Versi Arli Kota
Singkawang dalam meningkatkan penjualan ialah dari konsumen itu sendiri.
2) Strategi differentiation PT Cepat Versi Arli Kota Singkawang dalam
meningkatkan penjualan ialah mempunyai mesin atm yang berada di lantai
dasar, tidak menarifkan harga parkir, serta PT Cepat Versi Arli Kota
Singkawang mempunyai segala barang yang cukup lengkap sehingga
masyarakat tidak perlu untuk mencari barang di supermarket lainnya. 3)
Strategi branding PT Cepat Versi Arli Kota Singkawang dalam
meningkatkan penjualan ialah menjual pakaian islami khusus haji, dimana
branding ini bertujuan untuk mengenalkan kepada konsumen PT Cepat Versi
Arli tentang islam dan masyarakat kota Singkawang mengenal supermarket
ini ialah supermarket yang islami.