Abstract:
Pesantren adalah Lembaga yang dapat dikatakan merupakan wujud proses
perkembangan sistem Pendidikan Islam yang juga memerlukan Inovasi dalam
Pendidikan bukan hanya Pendidikan Diniyah saja akan tetapi juga mengajarkan
pendidikan formal. Maka sejak berdirinya Pondok Pesantren Modern Nurul Amin sudah
mengembangkan Program Muhadharah yang sudah dijadwalkan setiap malam Jum’at
dan Malam Selasa, dimana dalam kegiatan tersebut di bagi menjadi 2 kelompok, yang
pertama Kelompok Khitobah dan yang ke dua kelompok susunan acara.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatih. Sumber data peneliti terdiri dari
sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer adalah Ust Rokip
Sebagai pembimbing dan Santri berkarateristik yang peneliti tentukan. Sumber data
sekunder diperoleh peneliti melalui dokumentas, buku buku yang dan referensi yang
berhubungan dengan penelitian ini. Tehnik pengumpulan data menggunakan observasi
partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis Data menggunakan
pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dan
Verifikasi.
Penelitian ini menghasilkan bahwa pelaksanaan bimbingan Khitobah pada
Santri Pondok Pesantren Modern Nurul Amin ini menggunakan Metode Memiriter
(Hafal) yaitu menggunakan metode hafalan supaya para santri terbiasa hafal dan
mengerti terkait makna topik yang di sampaikan sehingga ketika terjun kemasyarakat
tidak diragukan lagi terkait pendalaman materi dan gaya pidatonya sedangkan
Pelaksanaan Bimbingan Khitobah di Pondok Pesantren Modern Nurul Amin menjadi 2
tahapan. Tahapan pertama pembagian tugas yang dilaksanakan secara gantian perkamar
disetiap malam Selasa dan malam Jum’at, jika malam selasa Kamar A yang maju maka
malam Jum’at nya kamar B yang maju sebagai Pembawa acara dan peserta Khitobah
Sedangkan tahap pelaksanaan bimbingan Khitobah di laksanakan setelah acara kegiatan
Khitobah selesai barulah sesi bimbingan Khitobah di laksanakan.