Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa dinamika pembelajaran tatap muka
terbatas dapat mempengaruhi efektivitas belajar, yang mungkin belum diketahui.
Peneliti mengetahui bahwa belum ada penelitian yang melakukan pengukuran
terhadap efektivitas pembelajaran tatap muka terbatas pada tingkatan Taman
Kanak-Kanak (TK) khususnya di kota Pontianak.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk menganalisis
efektivitas pembelajaran tatap muka terbatas terhadap perkembangan anak usia
dini pada aspek seni di TK se-kota Pontianak.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis penelitian survey.
Populasi dari penelitian ini adalah 30 TK se-kota Pontianak yang tersebar di enam
kecamatan Pontianak. Sampel penelitian ini menggunakan teknik proportionate
stratified random sampling. Instrumen untuk pengambilan data menggunakan
lembar kuesioner, pedoman wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Berdasarkan hasil kuesioner
persepsi guru yang dikonversikan ke nilai interval IKM, maka didapatkan nilai
IKM sebesar 3,09 yaitu memiliki makna bahwa efektivitas pembelajaran tatap
muka terbatas terhadap perkembangan anak usia dini pada aspek seni berada pada
kategori Efektif.