PENERAPAN MODEL PICTURE AND PICTURE BERBANTUAN MEDIA PUZZLE PELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS III SD NEGERI 08 PONTIANAK SELATAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Wahab, Wahab
dc.contributor.advisor Prakoso, Imam Agung
dc.contributor.author Kurniawati, Suci
dc.date.accessioned 2023-08-07T01:49:22Z
dc.date.available 2023-08-07T01:49:22Z
dc.date.issued 2023-03
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3497
dc.description.abstract Penelitian ini dilatar belakangi dengan rendahnya hasil belajar peserta didik kelas III SD Negeri 08 Pontianak Selatan yang disebabkan kurang minat, konsentrasi, disiplin, dan pemahaman konsep belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui hasil belajar peserta didik sebelum diterapkannya model pembelajaran Picture and Picture berbantuan media Puzzle pelajaran tematik untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas III SD Negeri 08 Pontianak Selatan. 2) Untuk mengetahui proses penerapan model pembelajaran Picture and Picture berbantuan media Puzzle pelajaran tematik untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas III SD Negeri 08 Pontianak Selatan. 3) Untuk mengetahui hasil belajar sesudah diterapkan model pembelajaran Picture and Picture berbantuan media Puzzle pelajaran tematik untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas III SD Negeri 08 Pontianak Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kuantitatif. Adapun tahapan yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas yaitu: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) observasi, 4) refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: teknik observasi awal, teknik tes, dan dokumentasi. Berdasarkan dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Hasil belajar peserta didik sebelum diterapkannya model pembelajaran Picture and Picture berbantuan dengan media Puzzle pelajaran tematik belum mencapai KKM, hasil belajar peserta didik hanya mencapai rata-rata 50. Presentase ketuntasan klasikal hanya 34,61% dari jumlah peserta didik. 2) Proses penerapan model Picture and Picture berbantuan dengan media Puzzle pelajaran tematik di kelas III SD Negeri 08 Pontianak Selatan sudah dilaksanakan oleh peneliti sesuai dengan langkahlangkah model pembelajaran Picture and Picture dengan media Puzzle dengan hasil sangat baik. 3) Hasil belajar sesudah diterapkan model pembelajaran Picture and Picture berbantuan dengan media Puzzle pelajaran tematik kelas III SD Negeri 08 Pontianak Selatan siklus I ketuntasan klasikal 57,69%. Sedangkan siklus 2 ketuntasan klasikal 88,46%. Peningkatan yang dicapai adalah 20,02%. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Hasil Belajar Peserta Didik en_US
dc.title PENERAPAN MODEL PICTURE AND PICTURE BERBANTUAN MEDIA PUZZLE PELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS III SD NEGERI 08 PONTIANAK SELATAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account