PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 4 UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SDIT AL MADINAH TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hermansyah, Hermansyah
dc.contributor.advisor Zaini, Akhmad
dc.contributor.author Dewi, Samara Thungga
dc.date.accessioned 2023-08-04T05:08:24Z
dc.date.available 2023-08-04T05:08:24Z
dc.date.issued 2023-03
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3494
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik karena kurangnya kreatifitas guru dalam pembelajaran dan hanya terpaku pada metode pembelajaran ceramah peserta didik kelas IV SDIT Al Madinah Pontianak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik tema 4 sebelum diterapkan model kooperatif tipe course review horay di kelas IV SDIT Al Madinah Pontianak tahun pelajaran 2022/2023. 2) penerapan model kooperatif tipe course review horay dalam pembelajaran tematik tema 4 untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas IV SDIT Al Madinah Pontianak tahun pelajaran 2022/2023. 3) Peningkatan hasil belajar peserta didik sebelun dan setelah diterapkan model kooperatif tipe course review horay dalam pembelajaran tematik tema 4 di kelas IV SDIT Al Madinah Pontianak tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kuantitatif analisis deskriptif. Terdapat empat tahap penelitian yang dimulai dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, lembar tes dan dokumentasi. Alat pengumpulan data berupa lembar observasi, lembar tes dan dokumen serta kamera handphone. Berdasarkan pada analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa: 1) sebelum diterapkan model kooperatif tipe course review horay nilai rata-rata peserta didik sebesar 68,16 dengan persentase ketuntasan 43,75%, 2) proses pelaksanaan model kooperatif tipe course review horay pada siklus I memiliki skor 61dari skor total 90 yaitu 67,77% pada kategori baik dan pada siklus II meningkat sebesar 94,44% pada kategori sangat baik dengan skor 85 dari skor total 90, 3) terdapat peningkatan setelah menggunakan model kooperatif tipe course review horay dibandingkan sebelum digunakan model kooperatif tipe course review horay terlihat dari pra siklus ke siklus I meningkat sebesar 3,12% dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 37,5% dan dari pra siklus ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 40,6%. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Model Kooperatif Tipe Course Review Horay en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 4 UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SDIT AL MADINAH TAHUN PELAJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account