PENGARUH PENGGUNAAN MODEL WORD SQUARE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK TEMA 1 SUBTEMA 2 KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN DI KELAS IV

Show simple item record

dc.contributor.advisor Muttaqin, Imron
dc.contributor.advisor Prakoso, Imam Agung
dc.contributor.author Malini, Putri Hema
dc.date.accessioned 2023-08-04T02:14:10Z
dc.date.available 2023-08-04T02:14:10Z
dc.date.issued 2023-02
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3489
dc.description.abstract Tujuan Penelitian Ini Adalah untuk mengetahui: 1) Hasil Belajar Peserta Didik Sebelum Penggunaan Model Word Square Tema 1 Subtema 2 Kebersamaan Dalam Keberagaman Pada Peserta Didik Di Kelas; 2) Hasil Belajar Peserta Didik Setelah Penggunaan Model Word Square Tema 1 Subtema 2 Kebersamaan Dalam Keberagaman Di Kelas; 3) Apakah Terdapat Pengaruh Penggunaan Model Word Square Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Tema 1 Subtema 2 Kebersamaan Dalam Keberagaman Di Kelas IV. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen yang berbentuk kuasi eksperimen. Lokasi penelitian ini adalah di SDIT Al Madinah Pontianak. Sumber datanya adalah peserta didik kelas IV. Alat penelitian berupa soal tes, lembar observasi dan lembar dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis instrument dan analisis deskriptif. Hasil Penelitian ini disimpulkan yaitu: Pertama, Hasil belajar peserta didik sebelum menggunakan model Word Square diperoleh nilai sebesar 28% atau 9 orang telah mencapai KKM dan 72% atau 23 orang belum mencapai KKM. Kedua, hasil belajar peserta didik setelah menggunakan model Word Square diperoleh nilai hasil belajar sebesar 80% atau 25 orang telah mencapai KKM dan 20% atau 8 orang yang belum mencapai KKM. Ketiga pengaruh hasil belajar antara peserta didik setelah penggunaan model Word Square dan yang sebelum penggunaan model Word Square dengan hasil analisis statistic inferensial menggunakan rumus uji t taraf signifikans 0,001 > 0,005 atau hipotesis nol (H0) ditolak dan Hipotesis Alternatif (Ha) diterima dengan besar pengaruh penggunaan model Word Square adalah 1,663544029188 dengan kategori besar. Hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh signifikan penggunaan model Word Square Terhadap Hasil Belajar. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Model Word Square en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title PENGARUH PENGGUNAAN MODEL WORD SQUARE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK TEMA 1 SUBTEMA 2 KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN DI KELAS IV en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account