dc.description.abstract |
Tujuan Penelitian Ini Adalah untuk mengetahui: 1) Hasil Belajar
Peserta Didik Sebelum Penggunaan Model Word Square Tema 1 Subtema 2
Kebersamaan Dalam Keberagaman Pada Peserta Didik Di Kelas; 2) Hasil
Belajar Peserta Didik Setelah Penggunaan Model Word Square Tema 1
Subtema 2 Kebersamaan Dalam Keberagaman Di Kelas; 3) Apakah
Terdapat Pengaruh Penggunaan Model Word Square Terhadap Hasil Belajar
Peserta Didik Tema 1 Subtema 2 Kebersamaan Dalam Keberagaman Di
Kelas IV.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode
eksperimen yang berbentuk kuasi eksperimen. Lokasi penelitian ini adalah
di SDIT Al Madinah Pontianak. Sumber datanya adalah peserta didik kelas
IV. Alat penelitian berupa soal tes, lembar observasi dan lembar
dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis instrument dan analisis
deskriptif.
Hasil Penelitian ini disimpulkan yaitu: Pertama, Hasil belajar
peserta didik sebelum menggunakan model Word Square diperoleh nilai
sebesar 28% atau 9 orang telah mencapai KKM dan 72% atau 23 orang
belum mencapai KKM. Kedua, hasil belajar peserta didik setelah
menggunakan model Word Square diperoleh nilai hasil belajar sebesar 80%
atau 25 orang telah mencapai KKM dan 20% atau 8 orang yang belum
mencapai KKM. Ketiga pengaruh hasil belajar antara peserta didik setelah
penggunaan model Word Square dan yang sebelum penggunaan model Word
Square dengan hasil analisis statistic inferensial menggunakan rumus uji t
taraf signifikans 0,001 > 0,005 atau hipotesis nol (H0) ditolak dan Hipotesis
Alternatif (Ha) diterima dengan besar pengaruh penggunaan model Word
Square adalah 1,663544029188 dengan kategori besar. Hal ini membuktikan
bahwa ada pengaruh signifikan penggunaan model Word Square Terhadap
Hasil Belajar. |
en_US |